Senin, 05 Mei 2014




Alvin dan Faisal memang sudah bercita-cita ingin berbisnis setelah menyelesaikan studi. Mereka berniat mau membuka usaha yang perputaran uangnya cepat, jadi tidak terlalu membebani. Dan akhirnya mereka memilih untuk memproduksi minuman. Melihat pasar yang ada dan setelah survei, mereka lalu memilih bisnis Thai tea dengan memakai merek Excite Tea.

Tepat di awal tahun 2013 lalu, Alvin dan Faisal sepakat menggelontorkan modal pertama berjumlah Rp 15 juta untuk biaya produksi dan perlengkapan membangun Excite Tea. Mereka semakin yakin menggeluti usaha ini, karena setelah survei ke beberapa restoran yang menyediakan Thai tea, ternyata olahan mereka tak kalah enaknya.

Dimulai dengan menjual minuman ini ke lingkungan terdekat seperti keluarga dan teman-teman, Excite Tea dipasarkan oleh Alvin dan Faisal secara kecil-kecilan. Dulu, mereka hanya menjual produknya ke teman-teman kampus, teman SMA, lalu mengikuti acara-acara seperti bazar sampai acara pernikahan.

Setahun berjalan, kini Excite Tea sudah mulai menampakkan hasil. Mereka bahkan sudah mampu produksi sekitar 240 liter Thai tea per bulan. Varian rasa yang mereka tawarkan adalah Thai tea, green tea, taro, dan oolong tea. Harga juga masih sama, Rp 10 ribu untuk ukuran 330 ml dan Rp 15 ribu untuk ukuran 600 ml.

Menurut Alvin, selama setahun berjalan usahanya ini masih dalam tahap pengenalan produk dan mencoba mencari pelanggan tetap. Untuk mendapatkan Excite Tea, Alvin dan Faisal berkomunikasi lewat media sosial. Mereka menerima pesanan lewat akun Twitter dan Line, juga melayani permintaan yang tertarik mencoba Excite Tea.

Tak hanya memperkenalkan Excite Tea, kini Alvin dan Faisal juga konsen mengembangkan sub brand dengan nama Teh Tarik Mang. Untuk mendapatkan Excite Tea dan Teh Tarik Mang, bisa dicari di Universitas Indonesia yang tersebar di lima lokasi, serta di Global Islamic School. Alvin juga membuka kesempatan bagi yang tertarik bekerja sama dengannya untuk mengembangkan bisnis teh yang dibangunnya bersama Faisal.





0 komentar:

Posting Komentar