Selasa, 11 November 2014



Ibu dua anak asal Ponorogo ini sempat berangkat ke Taiwan sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) untuk mencari modal usaha. Pulang dari negeri tetangga, perempuan berusia 43 tahun ini pun berusaha keras mengajak para mantan TKW untuk berwirausaha di kampung halaman. Kini, ia berhasil memberdayakan 50-an rekan senasib lewat usaha bersama yang dikembangkannya.

Narwati tinggal di Desa Limbah, Kecamatan Babatan, Ponorogo, Jawa Timur. Babatan adalah kantung TKW terbesar di Ponorogo. Selama ini, ia sering menyaksikan para TKW berperilaku hidup sangat konsumtif. Usai masa kontraknya habis, mereka pulang ke kampung dengan membawa penghasilan selama bekerja. Uang hasil jerih payah menjadi TKW, dihabiskan dengan membeli barang-barang yang tak perlu. Setelah uang habis, mereka balik lagi menjadi TKW. Narwati pun bertanya dalam hati, sampai kapankah mereka bersikap seperti itu ? Oleh karena itu, ia pun berusaha memotong mata rantai supaya mereka tidak balik lagi. Ia ingin para wanita Indonesia yang sudah memiliki modal, tidak usah berangkat lagi. Karena sebaik apa pun di negeri orang, masih lebih baik di negeri sendiri.

Narwati memang memahami benar masalah TKW, karena ia pernah menjadi TKW seperti mereka dan tahu betul bagaimana beratnya menjadi TKW. Dulu, ia menjadi TKW dengan tujuan mencari modal. Setelah modal terkumpul, ia berencana akan balik ke desa untuk membuka usaha kecil-kecilan. Saat itu, setelah menikah dengan suaminya, Achmadi Adi Nagoro di awal tahun 1992, kondisi ekonomi keluarganya memang kurang baik. Suaminya hanyalah seorang guru honorer di sebuah SMP. Penghasilannya belum bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sementara Narwati sendiri, sebagai lulusan D3 jurusan Bahasa Inggris salah satu PTS di Ponorogo, ternyata tidak mudah mencari pekerjaan. Maka cara yang paling mudah adalah dengan menjadi TKW.

Ia mengakui, sebenarnya keputusan menjadi TKW sangat berat. Bisa dibayangkan, saat itu ia dan suaminya adalah pengantin baru, tapi harus hidup terpisah. Namun keputusan itu tetap harus dijalani karena memang tidak ada pilihan lain. Menjadi TKW adalah jalan paling memungkinkan untuk mendapatkan modal usaha. Sementara kalau mengambil kredit di bank, ia khawatir tak bisa mengembalikan. Setelah berembuk dengan suami, mereka pun sepakat untuk sementara berpisah demi masa depan keluarga yang lebih baik. Setelah mengurus segala persyaratan, Narwati pun berangkat ke Taiwan. Ia beruntung di sana tinggal di salah satu keluarga yang cukup baik dan tidak pernah mengalami kekerasan. Sehari-hari, ia melakukan pekerjaan selayaknya pembantu rumah tangga. Selain itu, ia juga mengajari anak-anak majikannya belajar Bahasa Inggris dan terkadang Matematika. Setiap bulan, ia mendapatkan gaji yang kalau dirupiahkan sebesar Rp 3 juta, yang langsung ia tabung.

Selama menjadi TKW, Narwati melihat ada beberapa dampak yang kurang baik di lingkungan tenaga kerja Indonesia, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Banyak sekali terjadi perselingkuhan, baik itu di pihak wanita maupun pria, karena jauh dari keluarga. Bagi yang sudah memiliki anak, perpisahan dalam rentang waktu sekian lama itu juga memberi dampak psikologis yang kurang baik buat anak. Dan masih banyak lagi sisi yang tidak bagusnya.

Setelah menghabiskan kontrak kerja selama tiga tahun, mulai 1992-1995, selanjutnya Narwati memutuskan kembali ke kampung halaman. Seperti yang sudah ia rencanakan sejak awal, uang penghasilan sebagai TKW ia jadikan modal usaha di rumah. Saat itu ia membuka toko sembako. Selain itu sisa uang yang masih ada dijadikan modal usaha penggemukan sapi yang dijalankan ayahnya. Beruntung semuanya berjalan dengan baik. Narwati berpikir, teman-temannya sesama TKW pastinya bisa juga menjalankan usaha seperti yang ia jalani. Ia pun tak pernah berhenti berusaha, bagaimana caranya memiliki usaha baru yang dapat memberdayakan perempuan. Terutama ia ingin menggandeng teman-teman TKW agar mereka tidak kepincut balik lagi ke luar negeri.

Kebetulan di tahun 2010 ada pelatihan dari Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) untuk para mantan TKW. Menurut Narwati ini merupakan salah satu bekal untuk memulai langkahnya. Kesempatan itu ia manfaatkan untuk mengumpulkan teman-temannya. Ia mengajak teman-temannya untuk membuat koperasi. Namun sayangnya saat itu mereka sudah tidak punya modal. Beruntung, teman-temannya itu ternyata mempunyai beberapa ide yang sangat kreatif. Salah satunya dengan membuat kue kering untuk dijual. Narwati pun menyanggupi untuk menyediakan peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Ia juga ikut membantu memasarkan ke beberapa instansi dan menitipkannya di toko-toko. Ternyata, usaha kue itu lumayan sukses dan berjalan lancar sampai sekarang. Hasil keuntungannya tidak dibagi tapi dikumpulkan untuk modal bersama.

Suasana saat teman-temannya berkumpul untuk membuat kue pun sangat seru. Misalnya saat menjelang Lebaran, teman-temannya itu berkumpul di rumah Narwati. Mereka membuat adonan sampai jadi, lalu menatanya di wadah bersama-sama. Kemudian Narwati yang bertugas memasarkannya. Setelah modal terkumpul, sekarang mereka pun sudah mempunyai koperasi kecil-kecilan. Tentu koperasi ini untuk menunjang kebutuhan anggotanya. Sampai akhirnya, keuntungan dari hasil usaha kue itu, bisa dibagikan kepada para anggota.

Setelah sukses membuat usaha kue, Narwati mulai menambah ke cabang keterampilan yang lain yaitu membuat tas anyaman berbahan plastik. Kebetulan, ia sudah menguasai keterampilan ini sejak remaja. Ia membuat bermacam-macam tas. Mulai tas untuk ke pasar, bepergian, sampai tas mini yang biasa digunakan untuk suvenir hajatan. Narwati kemudian membagikan ilmu membuat tas itu kepada teman-teman di kelompoknya. Bahan-bahannya ia yang menyediakan. Belajar membuat tas sendiri cukup mudah, yang penting adalah ketelatenan. Dalam waktu relatif singkat, teman-temannya pun sudah bisa membuat tas.

Seperti halnya dengan usaha kue, Narwati sendiri yang kemudian juga memasarkan tas-tas karya teman-temannya itu. Ia bersyukur, usaha yang ia jalankan dimudahkan Tuhan. Sekarang ini sudah sekitar 50 orang yang sehari-hari membuat tas. Yang menyenangkan teman-temannya, pekerjaan membuat tas itu bisa dilakukan dirumah masing-masing. Jadi, sambil mengasuh anak-anak, para ibu bisa menganyam tas. Hasilnya cukup lumayan. Untuk satu tas, mereka mendapat Rp. 6000. Padahal dalah sehari satu orang bisa memproduksi 10 tas. Uang sebesar Rp 60.000 sehari untuk ukuran warga desa di tempat tinggalnya sudah sangat berarti guna menunjang ekonomi keluarga.

Usaha Narwati tidak berhenti sampai di situ saja. Kreativitasnya tak kunjung padam. Ia kembali membuat lini usaha baru yaitu batik, dengan tujuan ingin mengembangkan batik di desanya. Sebelumnya ia memang tidak paham membatik. Tahun 2012, ia pun belajar membatik di Solo. Di sana ia mempelajari dari awal proses membatik, termasuk membuat desain sampai proses lembaran kain jadi. Setelah menguasai ilmu membatik, ia kemudian membagikan ilmu tersebut kepada teman-temannya. Sekarang, teman-temannya pun sudah bisa membatik. Meskipun ada yang pengerjaannya masih agak kasar, tapi ada juga yang sudah halus.

Awalnya, Narwati mengajari membatik untuk taplak meja. Soal desain, ia membebaskan teman-temannya untuk berkreasi. Ia hanya mengarahkan proses pembuatannya saja. Hasil kreasi mereka pun boleh dibawa pulang. Dari situ, mereka pun senang sekali dan semakin semangat untuk membuat desain batik yang bagus. Untuk lini usaha batik ini, ia beri nama Mahkota Ponorogo. Kemudian Narwati mendapat kesempatan untuk mengikuti pameran yang diselenggarakan dinas terkait. Dari event pameran itulah, Mahkota Ponorogo mulai dikenal banyak kalangan. Bahkan, pembelinya banyak pejabat daerah. Menariknya, banyak yang membeli hingga tiga produk sekaligus. Sering orang membeli batik dan kue kering, yang dimasukkan ke dalam tas plastik anyaman.

Narwati menginginkan tiga usaha yang ia kembangkan ini bisa lebih maju lagi. Namun setidaknya saat ini ia sudah lega karena berhasil mengajak teman-teman mantan TKW untuk berkreasi di kampung sendiri. Kini mereka sudah tak tertarik lagi bekerja di negeri orang.

10 komentar:

  1. AssalamuAlaikum.Wr.Wb kisah nyata saya suhaidah posisi sekarang di malaysia bekerja sebagai pembantu rumah tangga gaji tidak seberapa setiap gajian selalu mengirimkan orang tua sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang sempat saya putus asah dan secara kebetulan saya buka facebook ada seseorng berkomentar tentang Aki Jaka katanya perna di bantu melalui jalan nombor magnum 4D saya coba2 menghubungi karna di malaysia ada pemasangan jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun saya minta angka magnum 4D Aki Jaka angka yang di berikan 4867 magnum 4d tembus jackpot 100% terima kasih banyak Aki kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha bagi tki dan tkw penggemar angka magnum 4d-damacai 1+3d-toto 4d 5d 6d ingin merasakan kemenangan terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas jangan putus asah tlpn Aki Jaka 081297757378 tak ada salahnya anda coba saya jamin Aki Jaka tidak akan mengecewakan anda
    atua klik => https://www.facebook.com/Kesuksesan-Tki-Tkw-Di-Seluruh-Negara-810904805685670/

    BalasHapus
  2. Pengakuan tulus (Saya Tkw Malaysia).
    Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada KYAI MAROGAN , saya sudah kerja sebagai sebagai Baby Sister di kota malaysia dengan penghasilan yg tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim Uang Untuk orang tua di kampung. sudah lama saya mengetahui roomnya om ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI,tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.
    tetapi kemarin waktu pengeluaran (6D), saya benar2 tidak percaya & hampir pingsang,angka yg di beri KYAI MAROGAN PATI ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di Malaysia, tidak ada ongkos buat pulang,terus beliau bantu kasih angka (6D).mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin 50x lembar, sisa gaji bulan september ternyata Benar2 tembus….!!!
    dapat 75jt, sekali lagi terima kasih banyak KYAI MAROGAN, saya sudah kapok kerja jadi Baby Sister, rencana minggu depan mau pulang aja ke kampung untuk buka usaha baru,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik AKI.
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi
    KYAI MAROGAN di:0821 8787 4291.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa Amin Wassalam.

    BalasHapus
  3. Assalamu alaikum,Saya Indri seorang TKW dari Malaysia,memohon maaf yang ada di fb ini bila kata2 saya ada yang salah,namun tujuan saya di sini hanya ingin berbagi cerita kepada para rekan2 saya yang jadi tkw di negeri orang,hidup di negeri orang memang amatlah susah,gaji pas2an,makanpun ala kadarnya,namun apa boleh buat demi mencukupi kebutuhan keluarga yg ada di kampung,mau tidak mau saya harus menjalani semua penderitaan itu,namun syukur alhamdulillah berkat kerja keras dan doa saya slama ini alhamdulilah allah sudah memberi jalan kesuksesan sama saya,meskipun jalan ini di larang oleh agama tp mungkin inilah satu2nya jalan untuk merubah nasib hidup saya,secara kbetulan saya lihat di internet tentang seseorang yg bisa mengubah nasib jadi lebih baik dengan jalan pemasangan angka togel,saya beranikn diri menempuh jalan itu dan ternyata angka yg di berikan oleh NYI SUGENG tembus dan saya menang 577jt,saya sangat bersyukur atas rezeki yg sy daptkan itu,ini bukan hanya sekedar cerita tp ini kenyataan.Jadi bagi saudara2 saya yg masih jd tkw ataupun yg lagi dalam kesulitan jangan ragu untuk menhubungi NYI SUGENG di 085 256 212 007 krna sy sudah membuktikannya,wassalam

    BalasHapus
  4. SALAM KENAL SEMUA,SAYA PAK AGUS TONO DARI MALAYSIA
    CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI (ASLI) BUKAN REKAYASAH!!!

    TERIMA KASIH BANYAK MBAH SERO SUDAH 3 TAHUN SAYA MENDERITA DI MALAYSIA KERJAAN SAYA CUMA MENOMBAK KELAPA SAWIT PENDAPATAN TIDAK SEBERAPA SEDANKAN SEWAH KONTRAKAN RUMAH 700 RIBU PERBULAN TAPI SETELAH KAMI DAPAT NOMOR MBAH DI INTERNET KAMI COBA-COBA HUBUNGI LALU MINTA BANTUAN ANGKA GHOIB DAN ALHAMDULILLAH ANGKA YANG DIBERI MBAH SERO LANSUNG TOTO 6D BENAR-BENAR 100% TERBUKTI TEMBUS SEKALI LAGI TERIMA KASIH MBAH SERO RENCANA MAU PULANG KE INDO BUKA USAHA INI SEMUA BERKAT BANTUAN ANGKA GHOIB MBAH SERO BAGI ANDA YANG INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA HUBUNGI MBAH SERO DI NOMOR 082 370 357 999 TERIMA KASIH..!!! INI KISAH NYATA DARI SAYA..

    BalasHapus
  5. Assalamu’alaikum warohmatullahi.wabarakatu…
    saya salman dari kota lampung saLam kenal buat semuanya.sahabat-sahabat Tki dan Tkw.
    cerita yang benar- benar terjadi Asli nyata,100%. bukan rekayasa,Demi Allah Swt.benar-benar.nyata. kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa, saya yg dulunya
    cuma seorang,Tki di Singapore,jadi pembantu rumah tangga yg gajinya’tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi Tki itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka
    internet dan tidak disengaja’saya melihat.komentar orang tentan.Aki kondan.dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan’nomor toto podi 4d yg di berikan oleh Aki kondan
    betul Benar2 jackpot dan kebetulan juga saya sering pasang.nomor toto podi di Singapore,akhirnya saya coba untuk menhubungi.Aki Kondan dan,Alhamdulillah,beliau mau membantu
    saya untuk memberikan nomor toto podi 4D, diberikan Aki Kondan memang betul2 terbukti jackpot 100% sebanyak Rp 600 juta dan saya sangat bersyukur berkat bantuan’Aki kondan
    kini saya bisa pulang ke INDONESIA’untuk buka usaha sendiri.munGkin’saya tidak bisa.membalas budi baik.Aki Kondan sekali lagi makasih Banyak,Aki dan bagiteman2 yg menjadi TKI atau TKW
    seperti saya,bila butuh bantuan Hub.AKI KONDAN di No Tlpn +6285399791621 insya ALLAH beliau akan membantu anda.ini benar benar kisah,nyata,dari,saya,Tki.Singapore…
    Semoga barmanfa’at’kpd sahaat-sahabat yang membutuhkan Ingsa Allah,jangan ragu jangan takuT sudah terbukti banyak.orang yang suksee.kalau mau bukti hubungi sekarang,
    Assalamu’alaikum warohmatullahi.wabarakatu

    BalasHapus
  6. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
                           : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

               TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
       Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    BalasHapus
  7. Kumpulan Arti Mimpi Tentang Udang Dalam Togel Terlengkap
    Tafsir Mimpi Jitu

    BalasHapus
  8. Negara::::::[Malaysia]
    Nama:::::[Merissa Ahmed]
    Amaun Pinjaman::::[RM 450k.
    Bandar:::::::::::::::::::[Kuala Lumpur]
    WhatsApp::::::::::::::::::::[+60177807471]
    e_mail:::::::::::[merissaahmed11@gmail.com]
    Alamat:::::[Jalan-Bukit Bintang Plaza, Jalan Bukit Bintang]


    Nama saya Merissa, seorang ibu kepada dua anak saya dari Malaysia dan saya telah berada di Malaysia selama bertahun-tahun dan sehingga saat ini kesaksian ini saya masih berada di Malaysia. Salah satu masalah utama yang pernah saya hadapi dengan perniagaan saya ialah masalah kewangan dan pembiayaan semula dan ini menyebabkan saya mencari pinjaman dan akibatnya saya menjadi mangsa 2 pemberi pinjaman fiktif dan ini sebenarnya membuat saya trauma sampai tahap tertentu tetapi saya tidak pernah putus asa sehingga saya melalui blog dan juga media lain saya mempunyai peluang untuk menemui [DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY] pada awalnya saya berasa takut dan sangat skeptikal mengenainya, tetapi saya harus mengambil risiko satu kali yang akhirnya membawa kepada kebebasan kewangan saya. Saya benar-benar memohon pinjaman sebanyak [RM 450K] dalam masa 24 jam proses pembayaran berjaya dilakukan. Keseluruhan proses ini boleh dipercayai dengan jujur ​​dan boleh dipercayai, jadi jangan takut dengan pinjaman dalam talian hubungi [DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY] untuk mendapatkan pinjaman yang boleh dipercayai @ kadar faedah yang sangat rendah Anda boleh menghubungi mereka melalui alamat e-mel di bawah::
    [financialserviceauthority400@gmail.com]
    Atau jika anda ingin membuat lebih banyak pertanyaan, anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel ini: [merissaahmed11@gmail.com]


    Negara::::::[Malaysia]
    Nama:::::[Merissa Ahmed]
    Amaun Pinjaman::::[RM 450k.
    Bandar:::::::::::::::::::[Kuala Lumpur]
    WhatsApp::::::::::::::::::::[+60177807471]
    e_mail:::::::::::[merissaahmed11@gmail.com]
    Alamat:::::[Jalan-Bukit Bintang Plaza, Jalan Bukit Bintang]

    BalasHapus
  9. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidan penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI

    Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
    Seperti para TKI dan TKW umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputy Bidan pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    BalasHapus