Kehidupan modern yang serba instan di Ibukota telah merambah berbagai sisi kehidupan. Hal ini yang kemudian memunculkan beragam peluang usaha. Salah satunya, jasa pembersih rumah profesional. Selain menawarkan jasa dengan harga terjangkau, proses singkat dengan hasil maksimal membuat usaha ini semakin berkembang. Seperti yang dilakukan oleh pasangan suami istri M. Rizali Noor dan Nanda Hayuningtyas. Sejak tahun 2014 lalu mereka menawarkan jasa pembersihan rumah secara profesional. Dengan nama Sapulidi, pasangan dengan dua anak ini kini sudah memiliki puluhan pelanggan.
Sebagai
seorang Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Luar Negeri, Rizali kerap bepergian
dan tinggal di negara lain. Ketika akhirnya kembali ke Jakarta, ia melihat
peluang usaha di bidang jasa pembersihan rumah. Ide tersebut lalu dibagi kepada
sang istri, yang pada akhirnya mereka kemudian memutuskan untuk merintis usaha
tersebut. Setelah mematangkan idenya, Rizali langsung membentuk sebuah CV. Meski
keduanya tidak memiliki latar belakang khusus di bidang ini, mereka tetap
nekad menjalankan usaha sekaligus
belajar secara otodidak. Menurut mereka, dalam menjalankan usaha di bidang
jasa, hal yang paling utama adalah kepercayaan. Untuk itu mereka pun selalu
menjaga kepercayaan dari para pelanggan.
Caranya, dimulai dari pemilihan karyawan. Setelah itu, baru bicara mengenai hak dan kewajiban karyawan dan perusahaan. Agar karyawan mampu menjalankan kewajiban dengan baik, maka hak mereka harus terlebih dahulu dipenuhi. Dengan dipenuhinya hak mereka, secara tidak langsung akan menjaga kebahagiaan karyawan. Beruntung, kini tim mereka diisi oleh orang-orang yang berpengalaman, sehingga tidak menemukan kesulitan berarti dalam menjalankan usaha ini. Karena itulah, secara perlahan namun pasti, mereka banyak belajar mengenai bidang usaha yang digeluti.
Bahkan, cerita
Nanda, pernah ada salah satu karyawan mereka yang masuh daftar Guiness World of
Record dalam making bed. Lalu ada
pula karyawan yang sebelumnya pernah bekerja dengan membawahi 30 orang. Menurut
Nanda, di dalam usahanya ini semuanya sama-sama belajar. Sebagai pemilik, Nanda
pun mencoba menempatkan diri seperti pelanggan dan melihat apa yang mau
diperoleh. Itu kemudian yang ia terapkan dalam menjalankan usahanya ini. Meski
si karyawan punya banyak pengalaman, tapi ketika masuk ke perusahaan ini, harus
memulainya semua dari nol dan meniti karier dari awal. Puncaknya, karyawan yang
berprestasi akan diberikan peluang membuka franchise
atau cabang di tempat lain. Inilah pula yang membuat Rizali dan Nanda sering
menolak banyaknya permintaan franchise
yang datang. Karena mereka memilih untuk memberikan itu kepada karyawan, karena
karyawanlah yang lebih tahu dalam menjalankan usaha ini sesuai dengan misi dan
visi yang diterapkan sejak awal.
Demi menjaga
kepercayaan dan keamanan bagi para pelanggannya, mereka juga tidak menggunakan
jasa karyawan tidak tetap. Semua karyawan dipilih langsung oleh Nanda, yang
juga selalu turun tangan langsung ke lokasi. Bukan hanya mengawasi, tapi
perempuan lulusan Fakultas Psikologi sebuah universitas swasta ini juga ikut
membersihkan rumah pelanggan. Dan kembali Nanda menekankan bahwa usaha yang
ditekuni ini tak cukup hanya mengandalkan pelanggan saja. Untuk itu dibutuhkan
kualitas yang prima dalam setiap menjalankan tugasnya. Selain itu, mereka juga
terus memberikan informasi kepada masyarakat akan keuntungan lain dalam
menggunakan jasa ini.
Dengan menggunakan jasa ini, pelanggan justru lebih hemat dalam biaya social cost. Berbeda dengan Asisten Rumah Tangga (ART), di sini pelanggan tidak lagi harus mengeluarkan biaya-biaya seperti kasbon dan uang makan, seperti yang biasa diberikan kepada ART. Belum lagi biaya-biaya lain seperti biaya berobat ketika ART sakit, pulsa telepon, dan lain-lain. Dan terkadang sering muncul pula masalah lain, misalnya ART yang minta keluar secara mendadak atau berhubungan dengan tindak kriminal. Sementara dengan menggunakan jasa ini, pelanggan tidak perlu mengeluarkan social cost itu dan tidak perlu memberikan tips. Jika memang ada masalah, lebih mudah diselesaikan karena usaha ini sudah berbadan hukum.
Rizali dan
Nanda bersyukur selama menjalankan usaha ini tidak ditemukan banyak kendala. Bahkan
hubungan mereka dengan pelanggan sudah seperti keluarga sendiri. Dalam
menjalankan usaha ini, mereka memiliki dua paket pembersihan yakni bulanan atau
sekali datang. Mereka memiliki 10 karyawan yang terbagi menjadi 5 tim. Pelanggan
mereka datang dari berbagai lapisan masyarakat, dan tersebar di beberapa
daerah, seperti Kelapa Gading, Bintaro, Serpong, Tangerang, Cempaka Putih, Cikeas,
dan Cinere.
Pelanggan bisa
memilih jasa layanan sekali seminggu, dua kali seminggu, atau tiga kali
seminggu. Khusus untuk langganan, akan diberikan fasilitas free laundry. Untuk menggunakan jasa Sapulidi, diterapkan
pembayaran sesuai keinginan. Pelanggan dapat memilih biaya 4 jam kerja sebesar
Rp 500.000, atau 8 jam kerja dengan biaya Rp 850.000. Sementara untuk paket
bulanan ada pilihan sekali seminggu Rp 800.000, dua kali seminggu Rp 1,2 juta
dan tiga kali seminggu Rp 1,6 juta. Dari usaha tersebut, Nanda yang juga rajin
meluangkan waktunya untuk membersihan tempat ibadah secara gratis ini, sanggup
mengantongi omzet per bulan sekitar Rp 30 juta.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusJasa Pembersihan Rumah TOPKLIN.COM melayani jasa bersih rumah DKI Jakarta dengan cakupan wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.
BalasHapusAdapun jasa pembersihan rumah yang TOPKLIN.COM tawarkan antara lain :
Jasa Bersih Rumah Menyeluruh
General Home Cleaning Service
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuswww.bersihrumahjakarta.com adalah divisi Home & Office Cleaning Service dari PT. Global Services Management
BalasHapusKami telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam perawatan dan pemeliharaan rumah, kantor, gedung, kampus, sekolah serta area umum.
Layanan Bersih Rumah & Kantor Jakarta
Jasa Pembersihan Rumah
Jasa Pembersihan Kantor
Jasa Pembersihan Pasca Renovasi
Jasa Pembersihan Kaca, Jendela
Jasa Pembersihan Kamar Mandi
Jasa Poles Lantai Marmer, Granit
Jasa Anti Rayap
Jasa Fogging