Senin, 24 Juli 2017


Bagi pecinta mi, tentu tidak asing dengan ramen asal Jepang. Kenikmatan ramen ternyata juga disukai oleh lidah orang Indonesia. Tidak heran bila banyak pebisnis yang mulai tertarik mengembangkan peluang bisnis tersebut. Peluang itulah yang ditangkap sepasang suami istri Satriya Kurniawan dan Nova Sri Yumel, dengan membangun restoran Yagami Ramen House, yang menawarkan ramen dengan beragam topping lezat dan sajian rasa. Awal mula, mereka mengembangkan bisnis ini di kawasan Simpang Dago, Bandung, pada 2012 lalu.

Menurut Nova, kuliner di kedainya menyajikan variasi cita rasa kuah ramen yang sangat sedap dengan harga terjangkau. Kimchi, wakame, dan miso merupakan variasi kuah yang menjadi andalan bisnis kuliner tersebut. Sementara bakwan goreng ikan, ebi furai, katsu dan naruto merupakan daftar topping yang juga disajikan. Total, Yagami Ramen House memiliki 11 varian rasa kuah, baik asin, asam, pedas, hingga keju. Yang paling disukai pengunjung adalah Eca Ramen, di mana dibagian bawahnya terdapat kuah miso, tetapi di atasnya ada chili oil. Tersedia pula kaldu ayam murni.


Sebelum mendirikan restorannya, Nova sempat melakukan survei di Bandung dan menemukan tidak banyak restoran Jepang yang benar-benar menyediakan ramen berkualitas. Alhasil, dia pun rela berangkat ke Jepang untuk belajar membuat ramen. Menurutnya, di Indonesia memang banyak yang menjual ramen, tapi rasanya Indonesia sekali. Ada juga yang betul-betul berasal dari Jepang, tapi tidak halal. Sementara Yagami Ramen House menawarkan harga yang terjangkau, halal dan otentik. Bila pemilik kedai ramen yang lain hanya belajar melalui resep online, tetapi Nova langsung belajar langsung selama satu bulan ke Jepang.

Sasaran yang dibidik Yagami Ramen House adalah pekerja di perkantoran, kalangan pelajar dan mahasiswa, serta keluarga. Meski restoran yang menawarkan menu ramen semakin banyak, Yagami Ramen House mempunyai strategi untuk tetap bertahan. Yakni dengan menonjolkan varian ramen dengan rasa yang kuat. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 21 ribu hingga 45 ribu untuk per porsi ramennya. 


Karena pelanggan makin besar, Nova pun telah mengembangkan bisnisnya lewat kemitraan. Sejak akhir tahun 2013 silam, sistem waralaba telah diterapkan. Ada dua tipe investasi yang ditawarkan, yakni paket mini resto Rp 285 juta di luar sewa tempat, dan Rp 535 juta, full packed di luar sewa tempat. Nova menawarkan konsep resto yang unik dengan menggunakan desain interior Japanese pop culture yang didukung wallpaper dan lampion, serta fasilitas komik bagi para pengunjung.

Kini, ia sudah memiliki sejumlah outlet. Selain di Bandung, ada pula outlet di Jakarta (Menara Mulia), Cikarang, dan Kalimalang. Dalam sistem ini mitra berperan sebagai investor dan pengelolaan akan dilakukan oleh pihak Yagami Ramen House. Keuntungan, 70 persen bagi mitra dan 30 persen untuk pihak Yagami. Namun nanti setelah BEP, pembagian hasilnya menjadi 50 persen : 50 persen. Mitra akan mendapat perlengkapan dapur yang lengkap, peralatan saji, desain interior seperti wallpaper, bangku dan meja, lampion, dan sistem software untuk kasir. Biaya investasi itu juga sudah termasuk biaya pendampingan selama satu bulan, di mana calon pegawai akan dilatih di Bandung. Kelebihan Yagami Ramen House yang lain adalah, telah terdaftar menjadi anggota Elemen, yakni lembaga konsultasi franchise yang nantinya bisa membantu promosi.


2 komentar:

  1. SAMBAL ROA JUDES adalah salah satu sambal dengan citarasa terbaik di Indonesia. Kehebatan rasa sambal ini pun bahkan sudah melanglang dunia karena digemari pula oleh masyarakat luar negeri. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas dengan bahan utama ikan Roa yang khusus didatangkan dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal siap saji ini dibuat dengan kemasan food grade (135 gram), tahan lama, cocok untuk teman bepergian atau oleh-oleh. Nikmat disantap dengan jenis lauk apa pun, yang pastinya akan menambah nafsu selera makan anda. Pemesanan Sambal ROA JUDES untuk wilayah Jakarta, hubungi Delivery SAMBAL ROA JUDES, melalui sms/whats app 085695138867. Pin BB : 5F3EF4E3.

    BalasHapus