Kamis, 10 Agustus 2017


Berbisnis kue tidak hanya soal rasa, tapi juga harus mengandalkan kreativitas dan keunikan. Begitulah menurut Ine Selia Oriyane, pemilik usaha Oriyane Shortbread, biskuit berbentuk persegi panjang asal Skotlandia. Tidak banyak memang yang mengenal apa itu shortbread. Meski berasal dari Skotlandia, biskuit ini juga dibuat di Inggris, Irlandia, Denmark, dan Swedia. Disebut shortbread karena teksturnya yang rapuh. Alih-alih menggunakan telur, shortbread menggunakan mentega yang cukup banyak, sehingga serpihannya mudah rapuh ketika digigit.

Ine mengenal biskuit ini saat mengunjungi adiknya yang tinggal di Aberdeen, Skotlandia. Kemudian, ia yang memang hobi memasak, mulai mencoba membuat biskuit ini setibanya di Indonesia. Pada 2011, ia mulai memproduksi shortbread di rumahnya dengan bermodalkan uang sebesar Rp 5 juta. Sebagai ibu rumah tangga yang hobi memasak, ia pun mulai memproduksi shortbread dalam jumlah yang sedikit. Ine mengatakan, pada awalnya ia memasarkan kue tersebut kepada relasinya untuk dijadikan parsel dan hidangan hari raya Idul Fitri. Kemudian, dari situ jadi terkenal dari mulut ke mulut.


Selama ini, masyarakat Indonesia, mengenal berbagai macam kue kering, seperti nastar, kue salju, dan kastangel untuk dijadikan hidangan hari raya. Kemunculan shortbread cukup membuat orang penasaran dari segi nama dan bentuk. Pengemasan biskuit ini pun terlihat cantik, sehingga membuat orang tertarik untuk membeli. Ine menekankan hal ini bagi orang yang mau memulai bisnis kue. Pengemasan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk pemasaran. Namun, banyak pelaku usaha mikro yang tidak mempertimbangkan hal ini karena khawatir harus menjual dengan harga yang mahal. Padahal, pengemasan yang cantik, akan membuat produk tidak disepelekan oleh konsumen. Agar pengemasan tidak menaikkan biaya produksi, Ine memberi saran untuk membuat kemasan sendiri.

Setelah banyak yang mencicipi biskuit unik yang rasanya enak dengan tekstur rapuh dan gurih ini, Ine mulai banjir pesanan. Untuk menjaga kualitas, saat ini Ine hanya memproduksi shortbread melalui pesanan atau freshly order. Selain dari sisi kemasan dan rasa, sertifikat halal pun dinilai sangat penting. Sebelumnya, Ine baru mengantongi sertifikat pangan industri rumah tangga. Kini, ia sudah mendapatkan sertifikasi halal yang difasilitasi oleh Dinas Kementerian Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Bandung. Dengan mengantongi sertifikat halal tersebut, Oriyane Shortbread dapat mengikuti pameran di Malaysia International Halal Showcase (MIHS). Kemasan yang unik dan rasa yang enak membuat Ine kebanjiran pesanan dari negeri jiran. Setelah bergabung dengan Dinas Kementerian Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Bandung, Ine juga bisa memasarkan produknya melalui Little Bandung di Kota Shah Alam, Malaysia, pada Oktober 2016. Program Little Bandung yang digagas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bekerja sama dengan Malaysia Indonesia Corporate House (MICH) itu juga turut membantu memasarkan Oriyane Shortbread di negara tetangga.


Saat ini, Ine telah mengantongi omzet sekitar Rp 15 juta per bulan dari rata-rata penjualan sebanyak 300-400 stoples. Selain dipasarkan via pesanan langsung, baik lewat telepon, Whatsapp, atau Instagram, Oriyane Shortbread juga dijual melalui Kemchick Department Store di Kemang dan Amanda Brownies di Dago Bandung. Untuk persediaan di kedua outlet tersebut, secara rutin Ine memasok sebanyak delapan hingga sepuluh kali per bulannya dengan bantuan pekerja sebanyak tiga sampai lima orang.

Bagi Ine, relasi merupakan hal yang penting dalam memasarkan produknya. Di era teknologi saat ini, media sosial sangat penting untuk pemasaran berbagai macam produk. Meski sekarang ini sudah memiliki Instagram, Ine mengaku ia masih kesulitan untuk menggunakannya, sehingga ia berencana untuk mengelola akunnya secara lebih profesional agar semakin menaikkan omzetnya.

2 komentar:

  1. SAMBAL ROA JUDES adalah salah satu sambal dengan citarasa terbaik di Indonesia. Kehebatan rasa sambal ini pun bahkan sudah melanglang dunia karena digemari pula oleh masyarakat luar negeri. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas dengan bahan utama ikan Roa yang khusus didatangkan dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal siap saji ini dibuat dengan kemasan food grade (135 gram), tahan lama, cocok untuk teman bepergian atau oleh-oleh. Nikmat disantap dengan jenis lauk apa pun, yang pastinya akan menambah nafsu selera makan anda. Pemesanan Sambal ROA JUDES untuk wilayah Jakarta, hubungi Delivery SAMBAL ROA JUDES, melalui sms/whats app 085695138867. Pin BB : 5F3EF4E3.

    BalasHapus

  2. Terma ksih banyak kpd teman sy yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses sy baca. sy bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Hongkong hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikan galak. salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Sy sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti sy . Amin...




    BalasHapus