Selasa, 23 Juli 2013




Tujuh tahun pertama merupakan masa terbaik untuk menanamkan benih pengajaran bagi anak-anak untuk masa depan mereka. Berangkat dari keyakinan inilah, Ippho Santosa, pelopor otak kanan dan penulis buku-buku best seller, mendirikan Tama Kanak Kanak (TK) dan Play Group KHALIFAH. Dalam perjalanannya, Ippho yang pertama kali mendirikan TK KHALIFAH di Batam pada tahun 2007, lalu menggandeng  Naha Uswati untuk bersama-sama mengembangkan TK KHALIFAH dengan sistem waralaba.


Nuha yang tadinya bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Pariwisata Provinsi Banten ini pun menyanggupi. Ia bahkan rela berhenti dari pekerjaannya sebagai PNS untuk fokus mengurus KHALIFAH. Hingga kini, TK ini sudah memiliki sekitar 90 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Semuanya berbagi kurikulum dan basis pendidikan yang sama, yakni entrepreneurship dan tauhid.



Menurut Nuha, dalam ajaran sejarah dan agama Islam, pendidikan tauhid atau meng-Esa-kan Allah adalah dasar pendidikan yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini. Sementara pendidikan entrepreneurship, dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai kehidupan atau value, bukan hanya melalui mindset, tapi juga habit atau kebiasaan.

Dari begitu banyak nilai yang dimiliki seorang entrepreneur, TK KHALIFAH mengutamakan kemandirian bagi murid-muridnya. Selain mengajari anak supaya mandiri, berbagai kegiatan di TK ini juga merupakan pelatihan agar anak dapat bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab atas apa yang dikerjakannya.

Baik Nuha maupun Ippho meyakini, sikap-sikap yang seharusnya dimiliki seorang entrepreneur muslim sejati harus dengan sengaja dan konsisten ditanamkan sejak dini. Baik oleh orangtua, sekolah, maupun lingkungan.

Menurut Nuha, yang merupakan lulusan Jurusan Bahasa Prancis, Universitas Indonesia ini, pelajaran Tauhid dan entrepreneurship, sesungguhnya berkaitan erat. Apalagi, Nabi Muhammad SAW juga seorang pengusaha dan pedagang. Kepada anak didik di TK KHALIFAH, para tenaga pengajarnya  pun juga selalu menyelipkan kisah ketauladan Nabi dan sahabat-sahabat beliau. Pada praktiknya, TK KHALIFAH juga menjadwalkan berbagai outing yang berkaitan dengan entrepreneurship untuk anak didik mereka. Semua outing sengaja dibuat tematik dan didesain untuk membuka wawasan anak terhadap dunia wirausaha.

Misalnya, outing bertema makanan akan diadakan kunjungan ke pengusaha kuliner. Outing bertema tanaman akan diadakan kunjungan ke pengusaha tanaman hias, dan seterusnya. Bahkan sering kali para pemilik usaha sendiri yang menyambut kedatangan anak-anak.





Hasilnya, anak-anak dapat mendengar dan melihat langsung proses berbagai jenis usaha. Mereka juga jadi tahu, semua usaha itu selalu dirintis dari nol, dan belajar bahwa banyak nilai moral dapat membentuk karakter seseorang yang kemudian mengantarkan para pengusaha ini kepada kesuksesan. Nilai-nilai moral ini diharapkan akan menginspirasi anak-anak. Misalnya, untuk selalu optimis, gigih, bersungguh-sungguh, punya impian, dan mau belajar.

Mengelola 90 cabang tentu bukan hal yang mudah bagi Nuha yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Khalifah Indonesia. Namun Nuha dan tim manajemen yang tergabung dalam Yayasan Khalifah Generasi Emas, yaitu yayasan yang menaungi sekaligus pemegang hak paten KHALIFAH, selalu menjalankan controlling dan monitoring dengan ketat. Mulai tahun 2013, semua kurikulum, media ajar, dan modul untuk siswa dicetak dan dikirimkan di awal semester ke semua cabang. Modul ini lengkap dan rinci, hingga mencakup kegiatan harian guru di kelas.

Untuk cabang-cabang baru, di tahun pertama akan mendapatkan kunjungan monitoring. Biasanya setelah usaha berjalan 6 sampai 9 bulan. Sementara untuk cabang lama, kunjungan akan dilakukan bila cabang meminta. Namun semuanya wajib melakukan laporan bulanan via email.




Bagi yang tertarik menjadi franchise atau menjadi mitra TK KHALIFAH, tata caranya ada di website, www.tkkhalifah.com . Setelah mengisi formulir, prosedur kemitraan akan dikirimkan melalui email. Setelah calon mitra mempelajari syarat-syarat, langkah selanjutnya adalah pengajuan survei lokasi.

Calon mitra KHALIFAH harus menyiapkan modal 150 juta untuk modal peralatan yang terdiri dari seluruh isi kelas, furniture, dan mainan. Sementara itu, KHALIFAHj uga mematok Rp 39 juta sebagai management fee.




Mungkin memang terlihat mahal. Namun nama KHALIFAH yang menjadi jaminannya. TK dan Play Group ini sudah mendapatkan penghargaan bergengsi dari Franchise and Business Opportunity Kategori Pendidikan Anak di tahun 2011, yaitu The Market Leader dan The Fastest Growing Franchise.

______________
amura courier
: layanan jasa kurir untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Cepat, professional, dan bertanggung jawab. Tlp & sms : 085695138867    

0 komentar:

Posting Komentar