Ibu muda
berusia 26 tahun ini dalam waktu relatif singkat sudah berhasil mengembangkan toko
online yang menjajakan produk fashion muslimah. Tak hanya di negeri sendiri,
ibu satu anak ini juga punya pelanggan tetap di sejumlah negara.
Suci memulai
bisnis online-nya di awal tahun 2011. Kala itu ia baru saja menikah. Kebetulan
suaminya yang hendak melanjutkan kuliah S2 ke Selangor, Malaysia, langsung
membawanya pindah ke sana. Awal tinggal di Selangor, ia belum memiliki teman
karena masih beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Saat itu ‘teman’nya
hanyalah laptop dan koneksi internet. Dari situlah akhirnya ia terpikir untuk
mengisi waktu dengan berbisnis online.
Kebetulan, sebelumnya Suci sudah punya blog pribadi sejak tahun 2008. Dan Sejak tahun 2010, ia juga sudah memutuskan memakai jilbab. Sejak itu, ia makin sering menulis tentang fashion hijab di blog-nya. Ia banyak membaca dan terinspirasi dari desainer lain seperti Dian Pelangi, lalu materinya ia tuangkan ke dalam blog. Selain itu, ia juga kerap menulis berbagai tips, antara lain bagaimana mengenakan kerudung yang baik, informasi tentang busana muslim, dan masih banyak lagi. Pengunjung blog-nya pun lumayan banyak juga, bahkan tak sedikit yang merespon.
Dengan modal
tulisan di Blog-nya itu, Suci pun terpikir bahwa kegiatannya itu bisa menjadi
peluang bisnis, hingga akhirnya ia menetapkan langkahnya untuk berbisnis online
di bidang fashion muslimah. Walau tidak memiliki latar belakang dunia fashion,
namun sejak kecil Suci sudah suka menggambar dan di usia remaja, semakin gemar
menggambar fashion. Suaminya pun sangat mendukung, saat ia mengungkapkan
keinginannya untuk membuka toko online fashion muslimah. Tak lama kemudian, dia pun segera pulang
ke Indonesia untuk mewujudkan cita-citanya itu.
Tak hanya mendapat dukungan dari suami. Sang ibunda dan adiknya pun turut mendukung keputusannya. Di awal berbisnis, ia mengeluarkan produk cotton cloth pashmina atau pashmina berbahan katun. Pashmina yang berasal dari bahasa Persia adalah kain wol yang bentuknya panjang seperti selendang, hingga bisa dijadikan kerudung, dan menjadi item fashion muslim yang menarik.
Suci tentu
saja harus membuat produk yang beda. Ia memilih ciri khas warna-warna terang,
bahannya sengaja dipilih katun agar nyaman dipakai, dan ukurannya juga cukup
besar. Inilah yang kemudian menjadi ciri khas produknya. Untuk tes pasar, ia
membuat lima warna masing-masing 10 pieces. Modal yang ia keluarkan tidak
terlalu besar, hanya sekitar Rp 5 juta. Selanjutnya, ia pun resmi membuka toko online
dengan nama suchbysuchi.blogspot.com
Suci pun membuat sendiri desain toko online-nya. Baginya tidak terlalu sulit. Ia hanya menggunakan template yang sudah ada. Selebihnya, untuk meng-edit tampilan, ia belajar sendiri dengan bantuan mesin pencari Google. Yang unik, untuk menampilkan produk di toko online-nya itu, Suci sendiri yang menjadi modelnya. Ia memakai pashmina buatannya, lalu meminta bantuan sang adik atau suaminya untuk memotretnya. Selanjutnya, foto itu ia unggah di Blog.
Suci pertama
kali memperkenalkan produknya pada tanggal 10 Maret 2011. Langkah berikutnya,
mempromosikan toko-nya. Oleh karena ia sudah memiliki blog tentang fashion dan
juga punya facebook, serta follower di twitter yang cukup banyak, maka untuk
mencari massa bukanlah hal yang terlalu sulit. Ia tinggal mengabarkan ke
relasinya di berbagai jaringan social media itu. Dan memang benar, ia pun banyak
mendapatkan customer dari sana. Baru bulan-bulan awal merintis usaha saja,
pesanan sudah mengalir dengan lancar. Untuk mengurusi bisnisnya itu, Suci pun
harus rela setiap minggu bolak-balik Jakarta- Selangor.
Suci juga mulai merekrut tenaga kerja yang bisa dipercaya untuk mengelola toko online-nya. Ia sadar, dengan semakin banyaknya customer yang didapatkan, ia sudah tidak bisa mengontrol usahanya sendirian. Selanjutnya, ia juga berpikir untuk mempunyai penjahit sendiri. Akhirnya, ia pun mulai merekrut tenaga penjahit. Sampai saat ini ia sudah mempunyai lima penjahit, dan memiliki 10 orang karyawan.
Pembeli produknya datang dari hampir seluruh wilayah Indonesia. Bahkan sudah ada juga reseller di berbagai kota di Indonesia. Ia pun memiliki pelanggan tetap dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Itu sebabnya, untuk rekening pembayaran ia pakai beberapa ATM, termasuk bank Malaysia untuk memudahkan melakukan pembayaran. Di awal 2012, setelah suaminya merampungkan kuliahnya, Suci pun kembali ke Jakarta. Lalu, bersama suaminya, ia bertekad untuk semakin mengembangkan usaha ini.
Target pasar produknya adalah anak kuliah sampai ibu-ibu muda. Selain memproduksi pashmina, ia juga membuat inner ninja,-sebutan untuk dalaman kerudung. Tak lupa, ia juga melangkah membuat busana muslimah, hasil desainnya sendiri. Ketika punya produk baru, tentu saja tak lupa ia sampaikan ke customer-nya. Ia memang selalu meluangkan waktu khusus untuk berinteraksi dengan customer-nya, tak hanya sekedar menyapa saat punya produk baru saja.
Dengan semakin banyaknya desainer baju muslim, maka ia memang perlu pintar mensiasati langkah dalam berpromosi, agar produknya tidak tenggelam dari brand lain. Salah satunya, dengan selalu membuat sesuatu yang baru. Paling lama, dalam dua bulan ia harus mengeluarkan desain baru. Kuncinya, memang harus cepat dan kreatif. Di awal menjual busana muslimah, Suci pun masih menjadikan dirinya sendiri sebagai modelnya. Namun kini ia sudah bisa mengambil beberapa model untuk mengenakan busana kreasinya. Saat melakukan pemotretan pun ia ikut turun tangan langsung merias model agar mereka tampil cantik dan menarik.
Sekarang ini, skala produksinya untuk produk basic, seperti kerudung dan inner ninja, per bulan ia bisa membuat ribuan pieces. Sementara untuk busana muslim, masih di kisaran 300 pieces. Untuk harga pun bisa terjangkau segala kalangan. Produk kerudung ia jual mulai seharga Rp 55 ribu, dan busana muslim harga jualnya Rp 400 ribuan. Kini omzet usahanya sudah berada di kisaran Rp 70-80 juta, namun bila menjelang lebaran, bisa mencapai seratusan juta rupiah.
Saat ini, selain memenuhi kebutuhan konsumen dalam negeri, ia juga secara berkala mengirim ke Singapura, Malaysia, dan Brunei. Setidaknya seminggu sekali ia mengirim ke tiga negara jiran itu. Selain itu ia juga pernah sampai mengirim ke Australia, Perancis, Belgia, bahkan Amerika Serikat. Reseller di dalam negeri pun semakin bertambah banyak. Suci juga bekerja sama dengan HijUp.com, semacam mal online untuk busana muslim, dan Misla,-butik busana muslim di kawasan Kemandoran, Jakarta Barat.
Rencana ke depan, tentu saja Suci masih ingin membesarkan usahanya, karena ia yakin potensi pasarnya masih ada. Hanya saja, kendalanya saat ini terletak di sumber daya manusia. Tidak mudah memang mencari penjahit yang baik. Selain kecakapan dalam menjahit, mereka juga harus cocok dan bisa bekerja sama dengannya.
Contact :
amura courier : layanan jasa kurir untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Cepat, professional, dan bertanggung jawab. Tlp & sms : 085695138867
Suci pun
semakin giat berpromosi lewat media sosial. Semua instrumen media social ia
gunakan, mulai facebook, twitter, instagram, dan blog. Dengan harga produknya Rp
55 ribu per pieces, pesanan pun semakin banyak yang datang. Ia sampai harus
dibantu dua adiknya untuk mengelola pesanan, dari mulai mengepak barang sampai
pengantaran. Awalnya Suci masih memakai sepeda motor untuk mengantar pesanan,
namun saat ini ia sudah harus membawa mobil karena bahan yang akan dikirim,
sudah bertumpuk-tumpuk.
Suci juga mulai merekrut tenaga kerja yang bisa dipercaya untuk mengelola toko online-nya. Ia sadar, dengan semakin banyaknya customer yang didapatkan, ia sudah tidak bisa mengontrol usahanya sendirian. Selanjutnya, ia juga berpikir untuk mempunyai penjahit sendiri. Akhirnya, ia pun mulai merekrut tenaga penjahit. Sampai saat ini ia sudah mempunyai lima penjahit, dan memiliki 10 orang karyawan.
Pembeli produknya datang dari hampir seluruh wilayah Indonesia. Bahkan sudah ada juga reseller di berbagai kota di Indonesia. Ia pun memiliki pelanggan tetap dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Itu sebabnya, untuk rekening pembayaran ia pakai beberapa ATM, termasuk bank Malaysia untuk memudahkan melakukan pembayaran. Di awal 2012, setelah suaminya merampungkan kuliahnya, Suci pun kembali ke Jakarta. Lalu, bersama suaminya, ia bertekad untuk semakin mengembangkan usaha ini.
Target pasar produknya adalah anak kuliah sampai ibu-ibu muda. Selain memproduksi pashmina, ia juga membuat inner ninja,-sebutan untuk dalaman kerudung. Tak lupa, ia juga melangkah membuat busana muslimah, hasil desainnya sendiri. Ketika punya produk baru, tentu saja tak lupa ia sampaikan ke customer-nya. Ia memang selalu meluangkan waktu khusus untuk berinteraksi dengan customer-nya, tak hanya sekedar menyapa saat punya produk baru saja.
Dengan semakin banyaknya desainer baju muslim, maka ia memang perlu pintar mensiasati langkah dalam berpromosi, agar produknya tidak tenggelam dari brand lain. Salah satunya, dengan selalu membuat sesuatu yang baru. Paling lama, dalam dua bulan ia harus mengeluarkan desain baru. Kuncinya, memang harus cepat dan kreatif. Di awal menjual busana muslimah, Suci pun masih menjadikan dirinya sendiri sebagai modelnya. Namun kini ia sudah bisa mengambil beberapa model untuk mengenakan busana kreasinya. Saat melakukan pemotretan pun ia ikut turun tangan langsung merias model agar mereka tampil cantik dan menarik.
Upaya lain
yang dilakukan Suci untuk mempromosikan produknya, yakni dengan secara berkala mengusahakan
mengikuti event fashion busana muslim. Baginya, acara seperti itu juga penting
untuk mendekatkan produknya dengan konsumen. Juga untuk lebih menarik
kepercayaan.
Sekarang ini, skala produksinya untuk produk basic, seperti kerudung dan inner ninja, per bulan ia bisa membuat ribuan pieces. Sementara untuk busana muslim, masih di kisaran 300 pieces. Untuk harga pun bisa terjangkau segala kalangan. Produk kerudung ia jual mulai seharga Rp 55 ribu, dan busana muslim harga jualnya Rp 400 ribuan. Kini omzet usahanya sudah berada di kisaran Rp 70-80 juta, namun bila menjelang lebaran, bisa mencapai seratusan juta rupiah.
Saat ini, selain memenuhi kebutuhan konsumen dalam negeri, ia juga secara berkala mengirim ke Singapura, Malaysia, dan Brunei. Setidaknya seminggu sekali ia mengirim ke tiga negara jiran itu. Selain itu ia juga pernah sampai mengirim ke Australia, Perancis, Belgia, bahkan Amerika Serikat. Reseller di dalam negeri pun semakin bertambah banyak. Suci juga bekerja sama dengan HijUp.com, semacam mal online untuk busana muslim, dan Misla,-butik busana muslim di kawasan Kemandoran, Jakarta Barat.
Rencana ke depan, tentu saja Suci masih ingin membesarkan usahanya, karena ia yakin potensi pasarnya masih ada. Hanya saja, kendalanya saat ini terletak di sumber daya manusia. Tidak mudah memang mencari penjahit yang baik. Selain kecakapan dalam menjahit, mereka juga harus cocok dan bisa bekerja sama dengannya.
Contact :
amura courier : layanan jasa kurir untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Cepat, professional, dan bertanggung jawab. Tlp & sms : 085695138867
Idola SUCI UTAMI. ka klikk link ini untuk lihat fashion muslim nih yang modern :D
BalasHapushttps://www.bukalapak.com/p/fashion-wanita/dress/ine0yh-jual-gamis-azkasyah-adg-23?from=omnisearch&product_owner=normal_seller&search%5Bkeywords%5D=nonithamrin
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusfansNya Suci utami,,klik link ini ya ka hijab cantik https://www.bukalapak.com/p/fashion-wanita/jilbab-2571/segi-empat/myt95d-jual-elzatta-kanara-ramara?from=list-product&product_owner=normal_seller&search%5Bkeywords%5D=nonithamrin
BalasHapusfashion muslimnya bagusbagus ka https://www.bukalapak.com/?blca=SEBRA-AWSIT&gclid=Cj0KCQjwxvbdBRC0ARIsAKmec9YvamQYQymlYEXFNIlWwY769aE5F0PNaWgY76R6JldN2ZmUY3sZRzIaAsVHEALw_wcB&gclsrc=aw.ds
BalasHapusfashion nya bagus ka
BalasHapusklik ini ka https://www.bukalapak.com/products?utf8=%E2%9C%93&source=navbar&from=omnisearch&search_source=omnisearch_keyword&search%5Bhashtag%5D=&search%5Bkeywords%5D=nonithamrin
lagi cari cari busana muslim?
BalasHapuslangsung aja klik dibawah ini
https://www.bukalapak.com/p/fashion-wanita/jilbab-2571/segi-empat/ovt2k0-jual-elzatta-salya-lariella?from=omnisearch&product_owner=normal_seller&search%5Bkeywords%5D=nonithamrin
kami sedia busana muslim insya allah memuaskan?
BalasHapuslangsung aja klik link dibawah ini
https://www.bukalapak.com/products?utf8=%E2%9C%93&source=navbar&from=omnisearch&search_source=omnisearch_organic&search%5Bhashtag%5D=&search%5Bkeywords%5D=nonithamrin
lagi cari fashion muslimah?kami menjual berbagai macam kerudung dan baju muslimah.silahkan langsung klik link di samping https://www.bukalapak.com/p/fashion-wanita/dress/mytvqk-jual-elzatta-azra-stona?from=list-product&funnel=omnisearch&product_owner=normal_seller&pos=10
BalasHapussaya kagum dengan suci utami masih muda sudang menganspirasi banyak orang,,dan menggunakan fasioon hijab
BalasHapushttps://www.bukalapak.com/p/fashion-wanita/jilbab-2571/instan/kzvbjq-jual-zoya-bergo-sasha-ruby-pixel?from=omnisearch&product_owner=normal_seller&search%5Bkeywords%5D=nonithamrin
lg cari fashion muslimah klik aja langsumghttps://www.bukalapak.com/p/fashion-wanita/jilbab-2571/instan/30wiib-jual-bergo-zoya-kalila-aleana-shades?from=omnisearch&product_owner=normal_seller&search%5Bkeywords%5D=nonithamrin
BalasHapuslagi cari fashion muslimah silahkan klik https://www.bukalapak.com/p/fashion-wanita/jilbab-2571/segi-empat/ore5z1-jual-segiempat-chiffon-viney-riana-series?from=omnisearch&product_owner=normal_seller&search%5Bkeywords%5D=nonithamrin
BalasHapuslgi cari fashion muslimah https://www.bukalapak.com/p/fashion-wanita/jilbab-2571/segi-empat/ovt2k0-jual-elzatta-salya-lariella?from=omnisearch&product_owner=normal_seller&search%5Bkeywords%5D=nonithamrin
BalasHapuslagi cari fashion muslimahhttps://www.bukalapak.com/p/fashion-wanita/baju-muslim-perlengkapan-sholat-2555/busana-muslim-wanita/mnan9u-jual-elzatta-tunik-ayzara?from=omnisearch&product_owner=normal_seller&search%5Bkeywords%5D=nonithamrin
BalasHapus