Sabtu, 23 November 2013



Berlokasi di Jalan Airlangga No 14-C, Medan, Socrates hadir sebagai rumah makan khusus kaum vegetarian dan sukses menjadi pilihan masyarakatnya yang ingin bergaya hidup lebih sehat. Rumah makan yang memiliki bangunan berlantai dua dan sudah beroperasi sejak tahun 2005 ini bersuasana nyaman dan bisa membuat betah para pengunjungnya. Bahkan Socrates pun juga menyediakan berbagai fasilitas seperti wifi gratis dan perpustakaan yang berisi lebih dari 1000 judul buku bertema filsafat hingga bisnis.

Awalnya, Benny Martjius, si pemilik Socrates, yang juga sudah menganut vegetarian sejak taun 2000 ini, mengalami kesulitan mendapatkan rumah makan yang cocok baginya. Sebagai penganut vegan, Benny memang tidak bisa makan telur dan olahan susu, sehingga setiap kali datang ke rumah makan harus selalu bertanya kepada pemiliknya. Kondisi yang harus selalu begitu setiap kali ingin makan di luar membuatnya tidak nyaman. Akhirnya, ia pun memutuskan untuk membuat rumah makan sendiri.

Selama menjalani bisnis rumah makan khusus vegetarian ini, ada beberapa perubahan yang dilakukan Benny. Yakni ketika rumah makan miliknya berkembang dari lakto vegetarian (susu) menjadi vegan. Secara bisnis memang sangat merugikan karena ada salah satu menu favorit, yaitu udang nestum yang harus dihilangkan dari daftar menu, karena mengandung susu. Tapi Benny tetap teguh pada pilihannya itu sehingga sampai sekarang rumah makannya tidak menggunakan bahan susu dan turunannya, termasuk bawang putih.

Soal menu, rumah makan vegan yang satu ini bisa dibilang cukup luar biasa. Kebanyakan para pecinta makanan vegetarian sudah hapal dengan kelezatan makanan yang disajikan Socrates. Berbagai menu seperti Gepuk Sambal Socrates, Satai Ayam, Ikan Balado, menu udang, dan sajian yang terbuat dari jamur dan tepung tak ubahnya ibarat makanan aslinya yang berasal dari daging.

Gepuk Sambal Socrates terbuat dari kaki jamur hioko. Menu ini menjadi yang terfavorit. Rasanya tidak hanya enak, tapi juga sehat. Benny memang sangat peduli dengan nilai gizi dan kesehatan atas makanan yang disajikan di rumah makan miliknya, karena itu sudah bagian dari tanggung jawabnya. Bahan terpilih seperti jamur hioko, enoki, dan tepung olahan dari dapurnya sendiri ini memang sangat terkontrol kualitasnya.

Socrates memiliki chef khusus untuk mengolah masakannya, jadi semua makanan yang ada di sini diolah dengan citarasa sekelas restoran atau hotel. Walau soal rasa enak atau tidak enak itu relative, tapi yang jelas Socrates sudah berusaha agar semua makanan yang disajikan bisa sesuai di lidah pelanggannya.

Semua makanan yang ditawarkan Socrates adalah makanan sehat sehingga harus diperhatikan betul oleh Benny. Misalnya, sejak awal mereka tidak menggunakan mie kuning, tapi menggantinya dengan spaghetti. Walaupun karakter spaghetti kurang meresap bumbu, tapi tak ada pilihan lain, karena dari sisi kesehatan mie kuning memang masih diragukan kandungan gizinya.

Untuk mengembangkan bisnis rumah makanan yang target pengunjungnya sangat khusus ini tentunya banyak tantangannya. Terutama soal penentuan harga. Tidak bisa dibandingkan dengan restoran siap saji untuk vegetarian karena kandungan gizinya juga berbeda. Tentu saja sajian yang dimasak langsung dengan yang sudah lama dimasak jauh lebih bergizi masakan yang baru dimasak. Salah satu kelebihan di rumah makan Socrates ini, adalah tidak menyediakan porsi besar. Jadi, pelanggan bisa mencicipi berbagai menu masakan dalam porsi kecil.

Selain makanan, di Socrates juga ditawarkan berbagai minuman sehat seperti jus sayuran dan buah yang wajib dicoba. Jus sawi dan nanas adalah yang sering jadi pilihan banyak pelanggan.

Rencana ke depan, Socrates akan terus mengembangkan rumah makannya ini dengan melakukan sejumlah inovasi. Mereka ingin merangkul lebih banyak pelanggan. Yang tidak biasa mengkonsumsi makanan vegan jadi tertarik mencobanya. Makin banyak yang menjadi vegan, berarti akan semakin banyak yang bergaya hidup sehat, juga sekaligus membantu menjaga lingkungan dan mengurangi pemanasan global.  

Socrates

Jl.Airlangga 14C, Medan, Sumatra, Indonesia 20112. Phone : +62614568950

0 komentar:

Posting Komentar