Selasa, 19 November 2013




Sudah lama sebenarnya Zaskia Adya Mecca berbisnis baju khusus untuk hijabers. Namun, istri sutradara Hanung Bramantyo ini baru serius menekuninya sejak Februari 2013. Bersama kakaknya, Tasya Nur Medina, ia membuka butik Meccanism di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Nama Meccanism diambil dari nama clothing line milik Zaskia.

Awalnya, Zaskia menyerahkan sepenuhnya butik itu kepada Tasya sebab ia sibuk syuting dan menjadi casting director di setiap film garapan suaminya. Namun setelah melahirkan putri keduanya, Kala Madali Bramantyo, 2 Februari 2013 silam, ia jadi punya banyak waktu luang sebab memutuskan cuti sejenak dari tawaran syuting sambil merawat Kala. Di saat yang bersamaan, bintang film Ayat-Ayat Cinta ini juga merasa butuh ‘mainan’ baru.



Zaskia mengaku ia sempat berada di satu titik di mana ia tidak tahu apa yang bisa dilakukannya lagi. Kehidupan keluarganya sudah berjalan sempurna, dengan memiliki suami dan anak-anak yang luar biasa. Keinginan secara material juga sudah terpenuhi. Namun di sisi lain, pekerjaannya sebagai aktris maupun casting director pun mendadak dilanda kebosanan. Lantas Zaskia pun merasa menemukan ‘mainan’ barunya itu justru di butik miliknya.   

Dengan semangat baru, Zaskia pun jadi lebih produktif melahirkan sejumlah desain baju, yang tak sedikit pula terinspirasi dari model baju yang sebenarnya bukan busana muslim. Ciri khas Zaskia dalam rancangannya merupakan cerminan kepribadiannya yang santai dan simpel. Menurut Zaskia ia adalah termasuk tipe orang yang tidak pede memakai baju rapi. Rasanya seperti salah kostum.



Semua baju rancangannya terbuat dari bahan katun atau spandex rayon (bahan kaos), jadi tidak terasa panas bila dikenakan. Selain itu Zaskia juga suka membuat baju yang daily wear, atau yang bisa dipakai sehari-hari. Pernah pula ia mencoba mendesain baju formal, namun ternyata lebih sulit terjual. Sepertinya pelanggan Meccanism adalah orang-orang yang karakternya sama dengan Zaskia, menyukai gaya busana yang simpel dan santai.

Sejak diseriusi, butik Zaskia menunjukkan perkembangan yang positif. Jika sebelumnya satu desain ia produksi sebanyak 100 pieces, saat ini kapasitas produksi ia tambahkan dua kali lipatnya, meski dengan konsekuensi penjahit butiknya jadi kewalahan. Namun Zaskia sama sekali tak mau beralih ke penjahit lain lantaran ia sudah merasa cocok dengan penjahit yang dimilikinya sekarang.



Selain memiliki butik, Zaskia juga menjual koleksi pakaiannya secara online. Ternyata penjualan di toko online dan fisik saling bersinergi. Masing-masing ada kelebihannya. Di butik, pelanggan bisa langsung memegang bahannya dan langsung dicoba. Sementara di toko online, pelanggan dari mana saja bisa melihat karyanya.

Kini Zaskia amat serius membesarkan butiknya. Namun ia terpaksa menolak tawaran pihak lain untuk menjadi reseller atau membeli franchise (waralaba) Meccanism di beberapa kota besar lain di luar Jakarta. Ia khawatir jika terlalu banyak cabang, justru akan semakin membuatnya stress. Dalam menjalankan bisnisnya, Zaskia mengaku ia tidak ingin merasa tertekan oleh pesanan yang datang. Apalagi ia juga masih mengurusi manajemen butiknya sendiri. Untuk itu, saat ini ia ingin menjalankan bisnis butiknya dengan gaya yang santai, tidak mau terlalu dibebani urusan yang bakal membuatnya stress. Bisa dibilang, butiknya ini sekedar buat ‘main-main’ atau ‘suka-suka’ saja. Namun, ia juga tak mau asal dalam memproduksi baju, hanya sekedar memenuhi permintaaan. Ia tetap ingin semua pakaian di butiknya didesain dengan sepenuh hati.


Meccanism
Jl. Benda Raya, no. 54 J, Kemang, Jaksel
(di samping Circle K)




2 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sugianto.Dari Kota Timor Leste Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (Oktober 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS . 20 orang saja

    BalasHapus