Senin, 02 Mei 2016



Terkadang memiliki uang banyak, membuat seseorang tergoda untuk menghamburkannya dan lupa menabung. Namun, hal tersebut tidak berlaku dalam kehidupan aktris sekaligus presenter, Fitri Tropica atau yang akrab disapa Fitrop. Fitrop mengaku menabung adalah hal paling utama dalam hidupnya. Tak hanya itu, dari seluruh penghasilan yang ia dapat, masih ada sebagian yang ia sisihkan untuk modal bisnis. Ia tak mau uang yang didapatnya hilang sia-sia. Fitrop berpikir, daripada uangnya dihabiskan untuk belanja barang-barang seperti baju atau tas, lebih baik uang itu ia putar. Jadi selain tabungan, ia pun kini juga mulai mencoba untuk berinvestasi.

Fitrop sendiri mengaku mulai terpikir untuk memiliki sebuah bisnis di luar kariernya selama ini, jauh sebelum ia menikah. Bisnis yang dipilihnya pun tak main-main. Fitrop memilih untuk membeli franchise mini market ternama yang sudah memiliki imej baik di kalangan masyarakat. Sebelumnya, Fitrop sendiri sudah memiliki ikatan kuat dengan brand mini market tersebut. Maklum, di tahun 2012 silam, Fitrop sempat menjadi salah satu bintang iklannya. Kebetulan kerja sama dengan pihak mini market tersebut pun terjalin cukup baik. Jadi, tidak ada salahnya bila Fitrop memilih berbisnis dengan mereka. Ia berpikir, barang-barang yang dijual di mini market itu pun merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Meski terkadang ada orang yang lebih senang berbelanja ke supermarket, tapi menurutnya setiap hari pasti masih ada orang yang datang ke mini market.

Fitrop yang tidak memiliki pengetahuan tentang bisnis sama sekali pun seolah menemukan partner yang tepat untuk berbisnis. Ibaratnya, ia tidak butuh tantangan yang besar dalam bisnis ini karena sudah ada sistem yang dijalankan oleh pihak franchise mini market tersebut. Fitrop pun sudah merasa telah mempercayakan investasinya ini pada pihak yang tepat. Fitrop membuka mini market-nya di daerah Trenggalek, Jawa Timur. Menurutnya, lokasi mini market itu memang bukan ia yang menentukan, tapi sudah dari pihak franchise, yang faham bahwa di kota itu peluang untuk membuka mini market masih bagus. Keuntungan lain dalam menjalankan bisnis waralaba ini pun banyak dirasakan olehnya. Salah satunya, cabang yang sudah tersebar di seluruh penjuru Indonesia dan sudah dikenal masyarakat luas. Maka tak heran, bila perempuan kelahiran Bandung 26 September 1987 ini banyak merasakan kebahagiaan dalam menjalani bisnisnya ini.

Menurut Fitrop, menjalankan bisnis waralaba memang banyak sukanya, karena di bisnis ini tidak memakan banyak waktu. Fitrop bercerita, dulu orangtuanya sempat mengusulkan untuk membuka toko atau rumah pemancingan. Tapi Fitrop tidak mau jika mengurusi bisnis tersebut waktu bersama keluarganya jadi berkurang. Oleh karena itu, ia lebih memilih menjalankan bisnis franchise, dan harus pintar-pintar mencari franchise yang terpercaya meski ia belum paham dengan manajemen bisnis. Karena Fitrop sadar, jumlah uang yang ia percayakan ke pihak franchise itu memang tidak sedikit. Sementara urusan balik modal dalam bisnisnya ini, Fitrop menjelaskan, memang di tahun pertama belum sepenuhnya modalnya bisa kembali. Namun bila berdasarkan perhitungan dari laporan yang ia dapatkan setiap tiga bulan sekali, hasilnya terlihat sangat jelas dan Fitrop optimis ke depannya usaha ini akan tetap menguntungkan. Fitrop pun berencana untuk melebarkan sayap usaha mini market-nya dengan membuka cabang lain, namun ia harus menunggu persetujuan dari pihak franchise karena memang ada peraturan yang dibatasi. 

1 komentar:

  1. wow Fitri tropika punya usaha franchise juga? kereennn (h)
    tapi kalau cari usaha franchise minuman, coba mampir ke blog ku, aku juga ngulas tentang itu
    http://nyoklatsuper.blogspot.co.id/

    BalasHapus