Jumat, 20 September 2013



Peternakan ayam yang ada di Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur ini berbeda dengan peternakan ayam pada umumnya. Selain ditempatkan di sebuah kandang yang sejuk dan bersih, ribuan ayam di dalamnya setiap hari ‘dihibur’ dengan alunan musik degung Sunda. Menurut H Arum Sabil, sang pemilik peternakan, hewan tidak beda dengan manusia, butuh kenyamanan. Sehingga ketika bertelur, hasil telurnya pun akan lebih banyak.

Memasuki area peternakan ayam milik ayah enam anak dan satu cucu ini, memang sangat berbeda dengan masuk ke kandang ayam pada umumnya. Di dalam kandang selebar 4 meter dengan panjang kira-kira 50 meter itu, ternak ayamnya benar-benar dikondisikan senyaman mungkin. Ribuan ayam itu ditempatkan di kiri dan kanan kandang, sementara tengahnya berupa lorong memanjang sebagai lintasan para petugas dan gerobak untuk mengangkut obat-obatan dan memanen telur di pagi dan sore hari.



Di dalam kandang jenis tertutup (close house) ini tak hanya rapi dan bersih, namun di dalam kandang yang sengaja dibuat dengan pencahayaan temaram itu sama sekali tak tercium bau kotoran ayam seperti kandang ayam pada umumnya. Tak hanya itu, di dalamnya ribuan ayam dimanjakan dengan suasana dan udara yang sejuk.

Kesejukan udara dengan temperatur 29 derajat celcius itu berasal dari sebuah blower penyedot udara berkecepatan tinggi berukuran besar, yang ditempatkan di ujung kandang yang terus berputar selama 24 jam penuh. Sementara dari sisi berlawanan ada peralatan pendingin mirip radiator mobil berisi air. Jadi di dalam kandang ini udaranya selalu sejuk, sebab angin terus bergerak dari ujung ke ujung kandang.

Yang membedakan lagi dan mungkin satu-satunya yang ada di Indonesia, ayam-ayam itu tak hanya diberi makan dan minum berkualitas tapi juga diberi ‘hiburan’ berupa alunan musik degung khas Sunda lewat loudspeaker berukuran besar. Suara musik khas Parahyangan itu terdengar cukup keras sehingga mengalahkan suara berisik ayam di dalam kandang maupun suara-suara lain di luar kandang. Musik Sunda itu akan terus mengalun sejak pukul 06.00 hingga 18.00 setiap harinya. Menjelang malam musik dimatikan,baru besok paginya diputar lagi sampai sore hari, demikian seterusnya.

H Arum Sabil yang dikenal sebagai petani dan peternak sukses tingkat nasional itu lalu menjelaskan, baik tanaman maupun hewan pada dasarnya sama seperti manusia, menyukai bunyi-bunyian yang bisa membuat dirinya nyaman dan tenang. Itulah yang menjadi salah satu pertimbangan kenapa ia memutuskan musick yang berirama merdu untuk ayam-ayam di kandangnya.

Petani dan peternak yang memiliki rumah megah di lahan pertanian seluas 30 hektar itu menguraikan, ia memiliki ide memberi ‘hiburan’ kepada ayam-ayam itu sudah sejak tahun 2008. Sebelumnya ia adalah peternak yang menggunakan tehnik tradisional seperti peternak pada umumnya.

Namun seiring waktu, ia menemukan kendala, ayam-ayam di kandangnya sangat peka terhadap suara keras. Ketika ada suara keras terdengar secara tiba-tiba, misalnya ada suara petir atau suara lain, akan berdampak cukup serius. Ribuan ayamnya akan mengalami stress. Padahal ketika ayam mengalami stress, akibatnya ayam tak mau bertelur. Mungkin kalau hanya satu-dua ayam yang stress, tidak menjadi masalah. Tapi kalau yang tidak bertelur jumlahnya ratusan ayam bahkan ribuan, pasti akan merepotkan juga. Tak hanya berdampak tidak bertelur saja, stress juga mengakibatkan ayam enggan makan dan minum.

Dari pengalaman itu, pria yang selalu mengenakan topi caping sebagai ciri khas penampilannya ini, lantas memutar otak. Kemudian menemukan solusi, yakni dengan cara memutarkan musik degung Sunda dengan volume cukup keras di sekitar kandang. Ia sengaja memilik musik Sunda, lantaran degung adalah jenis musik yang berirama merdu. Jadi bukan hanya manusia saja, hewan piaraan juga pasti tenang hatinya bila mendengarkan musik jenis itu.

Ternyata, cara yang diterapkannya itu efektif. Kini, kendati di musim hujan dan sering terdengar gelegar petir, ayam yang ada di dalam kandangnya tak lagi bermasalah, sebab di kesehariannya sudah terbiasa mendengarkan bunyi-bunyian bersuara cukup keras. Tokoh petani dan peternak ini memang tak bisa menghitung berapa persen peningkatan telur ayam, tanpa atau saat memakai musik. Tapi yang pasti, ada perbedaan hasilnya jadi lebih baik.

Dengan membuat perasaan ayam menjadi tenang, secara tak langsung kekebalan tubuh ayam semakin meningkat, sebab ayam bisa dengan lahap makan dan minum makanan yang disediakan. Selama ini, H Arum Sabil, yang juga menjabat Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia ini, berusaha untuk tidak terlalu banyak menggunakan obat-obatan kimiawi sebagai suplemen makanan atau minuman ternaknya. Sebab dengan pemberian obat kimia yang berlebihan akan berdampak pada kualitas telur yang dihasilkan.

Telur yang dihasilkan dari ayam yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan tambahan obat kimia yang berlebihan tentu tak baik bagi manusia yang mengkonsumsinya. Jika ada orang yang habis makan telur lalu tiba-tiba kulitnya jadi gatal, bisa jadi telur itu bersumber dari ayam yang terlalu banyak diberi makanan dengan obat-obatan kimia.

H Arum Sabil, yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya ini menjelaskan, ia selalu berusaha bereksperimen terlebih dulu untuk menghasilkan ternak yang lebih baik. Sebagai orang yang berlatar belakang tinggal di desa, ia berusaha mencoba memodernisasikan sesuatu yang tradisional, dan sebaliknya mentradisionalkan sesuatu yang modern.

Ia mengambil contoh, dengan memberi udara sejuk pada kandangnya dengan peralatan yang relatif modern dengan suhu tertentu, itu sebenarnya duplikasi dari peternakan tradisional. Ia mengamati sistem tenak di desa-desa bahwa ayam itu menyukai hidup dengan suhu udara yang sejuk dan angin semilir. Pola tradisional itu ia terapkan lebih modern kepada ayam di kandangnya dengan memasang blower berpendingin.

Sebaliknya, ia juga mengadopsi sistem peternakan modern menjadi lebih tradisional dan bisa ditiru teknologinya. Salah satunya, pemberian alunan musik pada ayam. Sejatinya, itu adalah tehnik modern, tapi karena ia berasal dari desa, jadi perangkatnya coba ia sederhanakan dengan cukup memasang tape recorder.

Sementara soal kandang yang sama sekali tak berbau itu caranya cukup sederhana. Salah satunya, selain lingkungan harus selalu dibersihkan, di dalam kandang itu sendiri tidak boleh ada genangan air yang bercampur dengan kotoran ayam. Sumber bau itu muncul kalau kotoran dalam keadaan basah, tapi kalau dibiarkan kering, maka tidak ada penguapan yang menimbulkan bau.

Selain itu, ia sengaja membuat suasana peternakan nyaman supaya kelak anak-anaknya yang ingin mengembangkan peternakan bersemangat terlibat di dalamnya. Kalau kandang bersih dan rapih, siapa pun yang ingin belajar ternak jadi tidak jijik. Arum pun tak segan membagikan semua teknologi ternak kepada siapa pun apabila ada yang ingin mempelajarinya. Saat ini ia telah memiliki delapan kandang ayam dengan sistem close house (kandang tertutup).

Kendati sudah memperlakukan ayam ternaknya dengan baik, namun ia tetap melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk ternaknya. Jika ada ayam-ayam yang tak sehat, harus segera dilakukan pengobatan atau disingkirkan dari kandang agar tak menular ke yang lain.

Untuk menghasilkan telur yang maksimal, ia mengelola peternakan sebaik mungkin dengan cara mengelompokkannya menjadi beberapa bagian, yang harus terkontrol dengan baik.  Di antaranya melakukan manajemen kandang, manajemen udara atau suhu, manajemen pakan, manajemen air minum, serta ditambah lagi semua makanan atau minuman dilakukan seorganik mungkin. Kini dalam sehari, dari 30 ribu ekor lebih ayamnya mampu menghasilkan sekitar 3 ton telur. Dan dalam waktu dekat, Arum menargetkan mampu beternak 1 juta ekor ayam.



37 komentar:

  1. Maaf mas ada gk kontak nya bpk hj.arum sabil,? Saya tertarik untubeternak? Kalo ada mohon kirim ke email saya epnidia@gmail.com trimakasih

    BalasHapus
  2. Maaf mas ada gk kontak nya bpk hj.arum sabil,? Saya tertarik untubeternak? Kalo ada mohon kirim ke email saya epnidia@gmail.com trimakasih

    BalasHapus
  3. Semua usaha kalau dikerjakannya dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan hasil yang maksimal...

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Bisa minta no kontak bpk h arum sabil?
    Sy berencana buka cabang ayam goreng di jember.
    Mhn hub sy di 08567378690.
    Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada info nomor kontaknya? Klu ada saya juga mau hehe 🙏😇

      Hapus
    2. Sudah ada info nomor kontaknya? Klu ada saya juga mau hehe 🙏😇

      Hapus
    3. bagi kesaya juga ya pak/bu
      bisa hub saya di 081217222822 a/n antony

      Hapus
    4. Saya boleh ya mintak no kontak bapak h arum sabil, saya mu bukak usaha ayam jugak soal nya pengen tau gimna cara nya

      Hapus
  5. BONUS FREECHIP HARIAN!

    CemePoker merupakan agen Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan berbagai banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai agen judi poker dengan rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan para membernya serta pemain Poker kami DIJAMIN 100% Player VS Player.
    Jangan lupa nantikan bonus menarik setiap bulannya dan bonus referal seumur hidup.

    Baca juga :
    http://www.cepok.org/keuntungan-bermain-judi-poker-online-pada-meja-kecil/

    http://www.cepok.org/cepok-cara-menjaga-akun-dan-chips-dari-para-hacker/

    http://www.cepok.org/cepok-panduan-cara-bermain-poker-online-terbaik/

    Ayo join sekarang di Cepok.org

    BalasHapus
  6. Selamat siang Pak,saya dari UNITED BROTHER GROUP.
    Saya dari importir bahan baku MBM,mau menawarkan ke Pak Arum.
    Semoga bisa disampaikan ke beliau.
    no contact saya di 081217222822 a/n ANTONY
    email : antonyhuang83@gmail.com

    BalasHapus
  7. PROMO BONUS DEPOSIT NEW MEMBER INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU adalah web judi poker online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam memberikan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan minimal deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para pemain dari seluruh daerah yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

    http://www.indokartu.info/2018/07/24/cara-bermain-domino-qiu-qiu-online-indokartu/
    http://www.indokartu.info/2018/07/25/cara-bermain-capsa-susun-online-di-situs-terpercaya/
    http://www.indokartu.info/2018/08/01/tips-dan-trik-bermain-ceme-online-di-situs-terpercaya/


    Ayo gabung sekarang di indokartu.net

    BalasHapus
  8. Dapatkan Bonus Promo Bonus Freechip Sahur Mei 2019 Bersama AGEN ZEUSBOLA

    Hanya Dengan 1 Userid Sudah Dapat Bermain Berbagai Jenis permainan Yang Tersedia.

    Menerima Deposit Via :
    • DEPOSIT VIA ALL BANK LOKAL INDONESIA
    • DEPOSIT VIA PAYPRO
    • DEPOSIT VIA OVO
    • DEPOSIT VIA TELKOMSEL
    • DEPOSIT VIA XL/AXIS

    Situs Judi Online Depo Via Paypro


    Daftar Judi Online Deposit Via Paypro


    Jangan Tunggu Lagi, Daftar Sekarang Juga Bersama Agen Resmi Zeusbola Di Indonesia

    UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUTNYA HUBUNGI :
    Link Alternatif : Www BolaZeus Biz
    Whatsapp : 0813-3355-2228
    SMS : 0813-3355-2228
    LINE : zeusbola
    BBM : bolazeus

    BalasHapus
  9. BETTOR SEJATI ?? KURANG TEPAWT JIKA BELUM BERGABUNG BERSAMA ZEUSBOLA . WIN

    Segera Bergabung Bersama Agen ZEUSBOLA Penyedia Games Online Terbaik, Teraman, Terpercaya Dan Terlengkap!

    Selain Memberikan RATE PULSA & RATE KEMENANGAN TERTINGGI DARIPADA AGEN LAIN ZEUSBOLA JUGA Menyediakan :::

    • Permainan Terlengkap & FairPlay
    • Layanan Customer Service Online 24Jam nonstop
    • Pelayanan Super Ramah, Profesional, Teraman & Fast Respon
    • Menerima Deposit Via All Bank Lokal Indonesia
    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL ( Rate Tertinggi Dari Agen Lain )
    • Menerima Deposit Via Ovo
    • Menerima Deposit Via GOPAY
    • Berapapun Kemenangan Anda Di Bayar Tuntas !
    • Pendaftaran Free!!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : http://bolazeus.com/

    Bandar Judi Deposit Via OVO
    Bandar Judi Deposit Via Pulsa
    Bandar Judi Deposit Via Go Pay
    S128 Sabung Ayam
    Bandar Judi Online Terpercaya

    Kujungi Juga :

    https://medium.com/@shellynnita88/

    BalasHapus

  10. Yuk di add pin WA: +628122222995 sabung ayam di bali
    Sabung ayam online dan semua jenis permainan judi online ..
    Semua bonus menarik kami berikan setiap hari nya ... :)
    www,bolavita, ltd

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum... Saya heri setiawan dari kampung baru tanggul,sekarang tinggal di rowotengu sidomulyo ikut istri saya, saya lagi butuh pekerjaan ,saya berharap bisa kerja di peternakan bapak, saya lagi nganggur bener2 butuh pekerjaan untuk menafkai anak istri saya, tolong sampaikan pada Bapak Haji Arum,,, ini no wa saya 082332721018

    BalasHapus
  12. Daftar Idn Poker Deposit Pulsa Terpercaya Hingga Saat Ini
    Link Alternatif Daftar Poker : http://bit.ly/DaftarZeusbola

    Agen Judi Online Deposit All Bank Lokal Indonesia
    Deposit Judi IDNPoker Online Via Pulsa
    Deposit Judi Online Via OVO
    Deposit Judi Online Via GOPAY
    Deposit Judi Online Via LINKAJA
    Deposit Judi Online Via Tcash
    Deposit Judi Online Via DANA
    Deposit Judi Online Pulsa
    IDNPoker Online Deposit Pulsa


    Untuk Deposit Juga Bisa Melalui Indomaret, Alfamart, Mkios Ataupun Lainnya ya

    Jika Penasaran Segera Langsung Kunjungi Zeusbola.cc & Kami Siap Membantu Anda Dalam Proses Pendaftaran hingga Deposit Menggunakan berbagai Jenis Transaksi yang tersedia Di http://zeusbola.cc/.

    Daftar Judi Online Terbaik, Teraman, Terlengkap & Terpercaya :: KLIK DISINI

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/KLIKDISINISEKARANGJUGA
    Whatsapp : https://wa.me/081333555996
    Telegram : https://t.me/zeusbola


    #JudiPokerOnlineDepositViaPulsa #JudiPokerOnlineDepositViaOvo #JudiPokerOnlineDepositViaGopay #JudiPokerOnlineDepositViaLinkaja #situsjudionline #judidepositpulsa #judipulsa #situsjudipulsa #Judipakaipulsa
    #JudiPokerOnlineDepositViaTcash #JudiPokerOnlineDepositViaDana

    BalasHapus
  13. Pusat Judi Deposit Pulsa 25rb telah menghadirkan layanan ini dengan didukung oleh dua provider ternama di Indonesia. Bekerja sama bak dengan provider ternama di Indonesia Telkomsel dan Axis/XL sehingga mempermudah anda dalam hal bertransaksi judi online.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * Poker Online
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  14. Suka bermain SBOBET???
    mari bergabung dengan Winning303
    Dapatkan odds dan pertandingan paling update di dalamnya...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Menang Berapapun Akan Kami Bayar Bosku...!!

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  15. untuk kalian yang Pecinta Sabung Ayam, jangan ngaku kalau belum pernah mengunjungi Situs Agen Judi Sabung Ayam Online Terpercaya Zeus Bola.
    Di Zeus Bola kami menyediakan permainan sabung ayam untuk s128 dan sv388.

    Kami juga Support VIA ALL BANK

    Deposit Judi Online Via Pulsa

    Deposit Judi Online Via OVO

    Deposit Judi Online Via GOPAY

    Deposit Judi Online Via LINKAJA

    Deposit Judi Online Via Tcash

    Deposit Judi Online Via DANA

    Deposit Judi Online Pulsa

    Sabung Ayam Online Deposit Pulsa

    daftar bisa langsung ke sini

    BalasHapus
  16. Museum poker

    POKER ONLINE DEPOSIT VIA PULSA & DEPOSIT VIA OVOPAY
    Bonus Freechip Deposit Via OVOpay 5%
    BONUS DEPOSIT UNTUK NEW MEMBER 20%

    Link alternatif MuseumPoker : museumpoker.cc

    BalasHapus
  17. Dapatkan Penghasilan Tambahan Disini..
    Donaco Poker.. Agen Terpercaya dan Teraman..
    Kemenangan besar bisa di dapatkan...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662


    BalasHapus
  18. BISA DEPOSIT PAKAI PULSA

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan bandar master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Zeusbola.

    Sbg Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man untuk beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    main judi pakai pulsa
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
    link zeusbola

    s128

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 login nova88, main langsung maxbet nova88.

    BalasHapus
  19. Kunjungi Website Kami Bos dan Bermain Di Situs Terpercaya...
    Kini Depo & WD sudah bisa melalui Via PULSA TSEL & XL...
    Bagi Member yang ingin bermain tapi tidak mempunyai Rekening ?
    Dengan Pulsa Minimal Deposit 10Rb Anda sudah bisa bermain Permainan yang ada di dalam MUSEUMTOTO .
    Berapa pun kemenangan , akan kami bayar . !!!
    Jangan Ragu dalam Bermain di MUSEUMTOTO Bosku . !!!

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 1000.

    Agen Togel Online
    Agen Togel
    Situs Togel Online
    Bandar Togel Online
    Daftar Togel Online
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    Museumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 1000

    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : 30.000
    • 2D : 5.000

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 3 ( KLIK DISINI )

    BalasHapus
  20. MUSEUMBOLA / MUSEUMTOTO ADALAH SEBUAH WADAH YANG MENYEDIAKAN PERMAINAN JUDI PALING LENGKAP
    PERMAINAN AYAM CASINO SLOT POKER TOGEL BOLA SEMUA ADA
    LANSUNG SAJA AKSES KE SITUS OFFICIAL KAMI MUSEUMBOLA
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot Caisen Cash
    LINK AKSES :
    daftar nomor togel
    Link Alternatif museumbola
    Judi Slot Depo Dana
    Museumbola

    BalasHapus
  21. Kini pasang taruhan online semakin mudah dan aman, tanpa rekening anda sudah bisa ikut pasang taruhan secara online disitus Bolavita !
    Canggihnya teknologi masa kini membuat kemudahan bertransaksi semakin bervariatif, Bolavita kini menyediakan taruhan judi online tanpa rekening, Bolavita menyediakan layanan taruhan online :

    » Judi Online Ovo
    » Judi Online Gopay
    » Judi Online Pulsa
    » Judi Online Linkaja

    ★ Bonus 100% (bila anda 8x menang secara beruntun)
    ★ Bonus Cashback Mingguan Hingga 10%
    ★ Bonus Deposit Pertama 10%
    ★ Bonus Referral 7% + 2% Seumur hidup

    Tersedia Taruhan Online Sabung Ayam, Casino Live seperti Dadu, Roulette, Blackjack, Dragon Tiger, Baccarat (PlayerBanker), Bola, Tembak Ikan, Slot, Tangkas, Poker Dan masih banyak lainnya.

    Pendaftaran Klik Link : http://159.89.197.59/register/
    Kontak Resmi Kami Klik Link : https://linktr.ee/bola.vita

    BalasHapus
  22. ZeusBola - Situs Judi Online Terpercaya
    Tersedia Semua Game Disini
    Menerima Deposit via Pulsa dan Bisa Daftar Menggunakan Akun E-money
    Pendaftaran : https://zeusbola.fun/

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : +62822 7710 4607

    Agen Judi Online Depo Pulsa Tanpa Potongan

    BalasHapus
  23. Mau main poker online uang asli namun saldo sedang kosong? Binggung cari modal untuk bermain dari mana? Mari gabung bersama Museumpoker Anda dapat bermain gratis tanpa mengeluarkan modal.

    Berbagai bonus menarik menanti anda dengan minimal deposit termurah hanya IDR 10.000
    Menyediakan layanan deposit Bank Lokal, OVO, DANA, Linkaja, Gopay, dan Pulsa Telkomsel, XL dan Axis.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis Tanpa Potongan
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Pulsa

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Poker Online Uang Asli Tanpa Modal

    BalasHapus
  24. BOLAVITA Adalah Agen Judi Online Indonesia yang berdiri sejak 2013. Menjadi salah satu Situs Judi Online Terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis permainan yang sangat lengkap dan sudah di akui banyak kalangan pecinta judi online Di Indonesia.

    Tersedia :
    • Daftar Judi Online Deposit Ovo
    • Daftar Judi Online Deposit Gopay
    • Daftar Judi Online Deposit Dana
    • Daftar Judi Online Deposit Linkaja
    • Daftar Judi Online Deposit Pulsa
    • Daftar Judi Online Deposit Bank

    Promo :
    ★ Bonus Deposit Pertama 10%
    ★ Bonus Deposit Setiap Hari 5%
    ★ Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
    ★ Bonus Referral 7% + 2%
    ★ Bonus Rollingan 0,5% + 0,7%
    ★ Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x

    Tersedia :
    » Judi Bola Online / Sportsbook
    » Sabung Ayam ( Wala / Meron )
    » Casino Live ( Player / Banker )
    » Slot online ( Mesin Jackpot )
    » Togel Online ( Toto Online )
    » Bola Tangkas ( Tangkasnet / 88Tangkas )
    » Tembak Ikan ( Fishing Hunter )
    » Poker Online
    » Domino
    » Dan Masih Banyak Lainnya.

    Link Pendaftaran »»»» https://bit.ly/3b2Tnq7
    Kontak WhatsApp »»»» Klik Link : https://bit.ly/aktif24jam
    Link Layanan Live Chat (24 Jam Online) »»»» https://bit.ly/2VD8fER

    --------------------

    BalasHapus
  25. AGEN SLOT & SABUNG AYAM ONLINE 2021 TERBAIK PROMO BONUS NEW MEMBER 15% !!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  26. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    �� www,MBO128,club ��

    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :
    EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDER
    BONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!
    LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128

    BalasHapus
  27. ZEUSBOLA SITUS JUDI ONLINE DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN OVO DANA GOPAY LINKAJA TERPERCAYA di Indonesia

    Segera bergabung bersama Zeusbola Situs Judi Bola Online – UEFA EURO 2020-2021 Online Terbaik Dan Terpercaya. Berikan Dukungan Tim Favorit Kamu Dengan Nonton Live Streaming Bola Euro 2020 Dan Melakukan Taruhan Untuk Meraih Pundi-pundi Keuntungan.

    Contact Resmi Kami:
    Whatsapp : +6282277104607
    Online 24JAM Tanpa Jam Offline.

    BalasHapus
  28. Ubah kombinasi pemenang menjadi emas dengan The Hand of Midas, slot 5 × 3 Pragmatic Play dengan 20 paylines dan simbol Wild yang meningkatkan nilai Pengganda dengan setiap putaran yang muncul di gulungan. Rasakan kekuatan sentuhan ajaib King Midas selama Free Spins dan dapatkan jaminan kemenangan hingga 30x nilai taruhan Anda.Review Slot The Hand of Midas Dari Pragmatic Play

    BalasHapus
  29. Zeus telah membuka gerbang Olympus untuk menyambut semua pemain ke Gerbang Olympus , slot 6 × 5 baru Pragmatic Play dengan 20 garis pembayaran dan simbol yang turun dari langit untuk membentuk kombinasi pemenang mulai dari 8 posisi yang berdekatan. Zeus juga telah memutuskan untuk memberikan 4 Pengganda hingga 500x dan 15 Putaran Gratis kepada pemain yang paling layak: pemimpin para dewa tahu bagaimana menjadi sangat murah hati!.<a href="https://judislot.gratis/2021/07/26/review-slot-gates-of-olympus-dari-pragmatic-play/"rel=

    BalasHapus
  30. Result Togel

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    BalasHapus
  31. 50 rb jadi jutawan tunngu apala lagi
    silahan regis dan buktikan sendri ^^
    sudah banyak member2 yg merasakan nya
    New member 10%
    sialhkan hub : WA : +6281 29739 2623

    BalasHapus