Jumat, 10 Januari 2014




Bagi Donna Riana Bismarak, memiliki impian besar itu wajib. Ia bahkan berani meninggalkan zona nyaman sebagai direktris di sebuah perusahaan di Jakarta, menjadi pengusaha toko online Belowcepek.com. Pilihan Riana ternyata tepat. Kini Belowcepek.com menjadi salah satu situs belanja online favorit dengan konsumen terluas di Tanah Air. Perempuan kelahiran Jakarta, 5 Juli 1976 ini juga berhasil menorehkan prestasi dengan membawa Belowcepek.com meraih Top Ten Social Media Campaign 2012.

Riana mengaku, sejak usia 20 tahun ia sudah bekerja. Selama 16 tahun ia selalu bekerja untuk orang lain. Tentu keinginan untuk memulai bisnis sendiri ada dan sudah tertarik sejak lama. Namun semua tentu butuh modal, riset, waktu, dan rencana bisnis yang matang. Saat itu ia juga sering berpikir, dengan titelnya sebagai direktris di sebuah perusahaan mungkin ia boleh bangga. Tapi ketika ia meninggalkan perusahaan itu atau tidak lagi bekerja untuk orang lain, siapakah dirinya ?

Namun keinginannya untuk berbisnis semakin lama semakin kuat, sekaligus ia ingin melakukan perubahan penting dalam hidupnya. Dan baginya, kalau mau serius menjadi entrepreneur harus ‘menyebur’ langsung mengerjakannya. Akhirnya pada 2011 ia pun merasa siap untuk berhenti kerja dan fokus berbisnis busana online.


Pilihannya berbisnis busana lewat online berpegang pada dua formula, yaitu suka dan mahir. Memulai dengan yang disukai dan memang mahir melakukannya. Sebagai wanita, Riana sangat suka belanja, menintai dunia fashion, mengerti akan kebutuhan wanita, kemudian digabungkan dengan keahliannya di dunia marketing. Oleh karena itu, ia sengaja memilih menjual busana khusus wanita, bukan baju laki-laki atau anak-anak, karena memang itu yang ia kuasai.

Kenapa memilih jalur online, karena ia melihat dunia digital juga bisa menjadi potensi yang besar dalam berbisnis, dan bisa diakses oleh semua wanita di seluruh Indonesia. Pasarnya jadi lebih besar. Itu semua sudah ia riset selama dua tahun saat ia masih bekerja di perusahaan lama. Dan akhirnya pada 24 November 2011 Riana pun resmi meluncurkan Belowcepek.com.


 
Ia juga langsung membuat legal usaha dalam bentuk PT dengan nama FAB, yaitu Fortuna Adi Busana. Proses perbankannya pun menjadi lebih mudah. Oleh karena itu di Belowcepek.com juga memiliki cara pembayaran atau transaksi via kartu kredit dan lewat ATM. Sementara hasil riset yang ia dapatkan soal harga, menyimpulkan bahwa semua perempuan punya nilai yang sama untuk rata-rata satu baju yang akan dibelinya. Mereka selalu mengepaskan harga senilai Rp 100 ribu.

Agar harga jualannya semakin terjangkau, Riana pun sengaja membuat semua produknya dengan harga Rp 99 ribu. Dari sinilah muncul nama toko online-nya Belowcepek.com, karena memang harganya semua di bawah Rp 100 ribu. Selain itu nama Belowcepek ini juga terdengar unik tapi mudah diingat, dan membuat orang akan mudah menemukannya saat sedang browsing.

Tanpa disangka, ternyata respons konsumen toko online ini sangat besar sekali. Bahkan hanya dalam waktu 5 bulan saja, akun Facebook milik Belowcepek sudah bisa menjaring 10 ribu member. Sejak itulah Riana pun memutuskan untuk benar-benar berhenti bekerja, mengundurkan diri dan fokus untuk lebih serius menekuni bisnis ini.

Selama dua bulan setelah keluar dari pekerjaannya, sebetulnya ia sempat kebingungan menjalankan bisnisnya. Sejak berbisnis, aktivitas dan pendapatannya berubah total. Bila sebelumnya ia terbiasa mengikuti rapat di kantor dan mendapatkan gaji tetap, sejak berbisnis semua itu tidak bisa dirasakannya lagi. Namun itu menjadi pemicu semangatnya untuk lebih giat berbisnis. Sementara untuk mengisi waktu luang, ia menyibukkan diri dengan berolahraga, belajar bisnis, dan terus melakukan riset soal pasar serta mengaplikasikannya di lapangan.

Keistimewaan Belowcepek.com dibandingkan situs belanja lainnya adalah pada kekhususannya menjual produk baju buatan Indonesia. Bahkan semua model yang mengenakan busana di situsnya juga orang Indonesia. Dari awal, Riana memang selalu ingin mendapatkan sesuatu yang punya nilai, bukan cuma sekedar mencari uang. Kalau orientasinya hanya sekedar mencari uang, baginya lebih baik tetap menjadi direktris saja.

Riana menegaskan, semua yang ia jual di toko online-nya merupakan produk lokal made in Indonesia, yang dibuat di Indonesia, dan tenaga kerjanya pun asli Indonesia. Sehingga dengan cara ini paling tidak ia telah berkontribusi dan ikut mempromosikan produk dalam negeri.

Model yang memakai baju Belowcepek.com juga harus wanita Indonesia sekali. Ada yang berkulit hitam, kuning langsat, putih, dan ada pula yang berukuran plus size. Jadi dengan demikian, tentu akan selalu ada wanita Indonesia yang terinspirasi dalam memilih model pakaiannsesuai dengan yang dilihat di website. Target konsumen Belowcepek.com adalah tentu saja wanita Indonesia, namun bukan wanita yang berasal dari Jakarta saja. Riana berharap baju-bajunya juga bisa digunakan oleh semua wanita, baik yang berada di luar Jakarta, hingga Kalimantan, atau di mana pun. 

Semua produk di Belowcepek.com bahannya juga dipilih yang sesuai dengan iklim Indonesia. Jadi tidak sekedar mengikuti trend winter atau spring yang biasanya muncul di trend busana luar negeri. Riana pun mengaku ia juga kerap mencari ide untuk desain busananya di mal. Dan menurut Riana semua produk yang ada di Belowcepek.com gayanya memang sangat terasa sentuhan persoal dirinya.

Andai ada model bajunya yang sama dengan yang ada di luar negeri, ia pun sengaja memberikan sedikit sentuhan tambahan agar tetap terlihat berbeda. Kadang ada pula permintaan pelanggan yang mengirimkan referensi baju lewat foto. Kalau memang bagus, Riana pun bisa langsung meminta ke penjahitnya untuk dibuatkan.

Mengembangkan Belowcepek.com tentu ada suka dan dukanya. Setahun pertama ia merasakan pengalaman yang tidak mengenakkan, ketika konsep bisnisnya ditiru habis-habisan oleh orang lain. Memang dalam bisnis selalu ada kompetitor. Namun ada juga yang berkompetisi tidak sehat. Ada salah satu online shopping asal Bandung yang membuat online shop dan beriklan dengan kata-kata "Di Bawah 100 Ribu". Baju-baju yang dijual pun mirip dengan produknya. Bahkan cara mengambil foto bajunya dan cara memakai aksesorisnya pun ditiru habis. Dalam dunia online, hal seperti itu dinamakan steal visitor alias mencuri pengunjung.

Untungnya, konsumen setia Belowcepek.com pun melayangkan protes, bahkan sempat menjadi pembicaraan di media sosial. Ia sendiri mendapatkan laporan seputar pencurian ide itu dari pelanggannya. Akhirnya  tidak sampai tiga jam, iklan itu akhirnya diturunkan, namun si kompetitor itu tetap masih memakai iklan promo yang sama sampai sekarang. Walau dalam dunia bisnis, hal itu memang biasa, tapi sempat membuat Riana rasanya ingin marah juga. Tapi kemudian, ia mengambil sisi positifnya saja. Bila konsepnya sampai ditiru oleh orang lain, berarti konsepnya keren.

Memasuki usia dua tahun perjalanan bisnis Belowcepek.com semakin berkembang. Saat ini bahkan member Belocepek.com di media sosial sudah mencapai 100 ribu, atau sudah 10 kali lipat lebih besar dari sejak awal diluncurkan. Riana memang benar-benar mengerjakan bisnis ini sendiri dan benar-benar terjun ke dalamnya. Ia memulainya dengan langkah kecil, tapi dalam dirinya memiliki mimpi yang besar. 

Ia memulai bisnisnya ini dengan modal yang terbatas, hanya Rp 100 juta. Yang Rp 50 juta ia gunakan untuk membangun website, sisanya untuk biaya produksi. Di awal berdiri, penjualan hanya berkisar 100 pieces dalam sebulan. Namun sekarang sudah bisa mencapai 500-1000 pieces dalam sebulan.

Semua bentuk penjualan ia optimalkan. Bahkan sosial media pun ia kelola sendiri seperti Twitter dan Instagram. Di sosial media itu Riana juga tak sekedar berjualan, tapi ia juga memberikan tips kesehatan, informasi zodiak, dan inspirasi soal penampilan untuk para membernya. Cara itu akhirnya mampu membuat adanya ikatan kuat antara konsumen dengan Belowcepek.com.


Riana pun juga mempunyai cara yang agak unik dalam promosi. Pada saat ulang tahun pertama Belowcepek.com, ia membuat aktivasi promo dengan nama 'Miss Matching' untuk menarik konsumen di sosial media. Ini merupakan permainan mempadu padankan busana, walaupun tidak harus membelinya.  Ternyata permainan yang ia ciptakan ini bisa menjadi sarana penghubung yang baik antara konsumen dengan Belowcepek.com, sampai akhirnya ia bisa memenangkan Top Ten Social Media Campaign 2012. Tentu saja Riana sangat bangga bisa menerima penghargaan bersama sembilan perusahaan multinasional lain.

Beberapa produk juga ia namai unik. Misalnya 'Busui' yang bisa menjadi referensi baju untuk ibu menyusui. Ide ini juga berkat respons dari pelanggan. Mereka ada yang meminta dibuatkan baju-baju untuk para ibu menyusui yang memiliki kancing depan dan bagian dada yang lebar. Respons terhadap produk ini pun juga positif. Sama halnya dengan busana untuk wanita berhijab. Karena ternyata pelanggan Belowcepek.com memang banyak yang memilih baju-baju berlengan panjang dan berukuran besar.

Belowcepek.com juga menawarkan peluang bisnis, karena banyak pula pelanggan yang terus menanyakan kemungkinan untuk menjadi reseller. Tapi di sini Riana membuat konsep bisnis sendiri dengan nama Smart Shopper Business. Caranya, dengan memberi uang deposit sebanyak Rp 1 juta yang tak akan hilang, pelanggan bisa mengambil sebanyak 11 baju untuk dijual kembali dengan tenggat waktu selama tiga bulan. Dengan cara ini pelanggan tidak perlu dipusingkan dengan ketersediaan stok barang. Ia pun sengaja memasang target tiga bulan, agar pelanggan bisa ada semangat dalam berjualan.


Ternyata konsep bisnis ini juga direspons dengan baik, bahkan sudah memiliki lebih dari 100 member yang aktif mengikuti Smart Shopper Business. Bahkan saat ini, Riana pun juga sudah meluncurkan konsep bisnis baru, tanpa deposit. Jadi, berjualan bisa tanpa modal dan keuntungannya berdasarkan komisi, karena semua harga berdasarkan yang ada di website. Karena pada dasarnya semua orang menginginkan punya uang tambahan, konsep bisnis yang ditawarkan Belowcepek.com ini pun banyak yang menerima.

Impian lain yang ingin dicapai Riana dalam bisnisnya ini tentu saja berharap Belowcepek.com bisa terus meningkat dan berkembang. Saat ini, Riana pun juga sudah meluncurkan perusahaan lain bernama The ReStyle atau TRS, yang khusus memberikan kesempatan bagi para desainer lokal untuk mempromosikan karyanya dengan bantuan network yang ada di Belowcepek.com. Potensi ini diyakini Riana sangat besar, karena orang daerah pun pasti banyak juga yang ingin berpenampila menarik dengan sentuhan desainer. Apalagi ongkos mengirim barang ke daerah juga masih jauh lebih murah dibandingkan ongkos tiket pesawat ke Jakarta.

Impian Riana lainnya yang berharap bisa terlaksana adalah menjadi penyani jazz. Di sela mengelola usaha, menyanyi memang menjadi cara Riana untuk refreshing dan menambah semangat. Dalam waktu dekat, ia juga akan menerbitkan buku Balada Entrepreneur. Riana sadar, dirinya bukan dilahirkan dari keluarga kaya. Jadi ia meyakini, tidak ada yang bisa didapatkan di dunia ini tanpa kerja keras. Dengan kata lain, bila seseorang ingin mendapatkan sesuatu, maka wajib memulainya dengan bekerja dulu.

Dan menurut Riana, setiap orang tidak harus menjadi entrepreneur. Dengan bekerja menjadi tenaga profesional di perusahaan orang lain pun juga bagus. Yang penting, apabila senang melakukannya, lakukan saja pekerjaan kita dengan sebaik-baiknya. Motto hidup Riana adalah, lakukan yang disukai dan mahir. Itu saja formula yang tepat untuk sukses.

 



contact :
021 - 57906571 atau 087883172289
Pin BB  : 22AF70D0



 
 


1 komentar:

  1. Yuk ikutan kelas online bersama Riana Bismarak, founder belowcepek.com yang akan memberi tips and trik cara menghasilkan uang dari internet dari bisnis online shop kamu.

    Kunjungi : http://goo.gl/ky7tVL GRATIS!

    BalasHapus