Selasa, 14 Januari 2014




Siapa yang tak kenal Bolu Meranti asal medan ? Kue bolu gulung ini selalu menjadi penganan favorit, tak hanya bagi warga kota Medan saja. Kelezatan bolu gulung ini juga tersohor hingga ke pelosok Tanah Air, bahkan beberapa negeri tetangga. Padahal, sang pemilik mengaku tak pernah beriklan di mana pun.

Ai Ling, seorang ibu rumah tangga biasa inilah yang berhasil membuat bolu gulung lezat dengan resep rahasia yang menjadi sosok di balik layar kesuksesan Bolu Meranti. Ibu empat anak ini sejak muda memang dikenal memiliki hobi membuat kue dan memasak. Tak heran, kue buatannya tak hanya disukai oleh keluarganya, tapi juga para tetangga yang sering memesan kue kepadanya.

Usaha kue Ai Ling ini lantas diberi nama Bolu Meranti, lantaran pada tahun 2000-an ia semula menitipkan bolu gulungnya ke toko milik kerabatnya yang berada di Jalan Meranti, Medan. Di sini ternyata peminat bolu gulungnya semakin besar, sehingga pada tahun 2005 Ai Ling pun bisa membuka gerai sendiri di Jalan Kruing No 2K, Medan, yang juga sekaligus menjadi tempat produksi. Agar tak kehilangan pelanggan yang biasa membeli bolu buatannya di Jalan Meranti, ketika berpindah lokasi, nama Meranti pun tetap digunakan.

Usaha Bolu Meranti ini pada akhirnya menjadi sebuah bisnis keluarga, yang sejak awal memang dikelola oleh hampir seluruh keluarganya. Ke empat anak Ai Ling pun semuanya terlibat menjalankan bisnis ini, dari sejak masih berupa industri rumah tangga hingga berubah menjadi usaha skala kecil. Tidak ada pembagian tugas, karena semuanya wajib memahami dari mulai soal produksi, promosi, hingga keuangan. Hingga saat ini, Ai Ling pun masih terus mendampingi dan mengawasi lajunya proses produksi Bolu Meranti, demi menjaga kualitas. Ai Ling percaya, bila kualitas terus terjaga, para pelanggan setia Bolu Meranti tak akan berpindah ke lain hati.

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi yang bisa dijadikan media untuk berpromosi, Bolu Meranti tak melakukan cara seperti itu. Bolu Meranti lebih memilih berpromosi secara konvensional. Promosi yang banyak dilakukan hanya dari mulut ke mulut saja, tidak melalui media sosial. Kalau pun juga membuat website, hanya sebatas menampilkan produk knowledge saja, bukan untuk menerima pesanan.

Cara pembelian secara konvensional yang dipilih Bolu Meranti pun ternyata masih sangat jitu. Hingga saat ini, untuk mendapatkan Bolu Meranti, pembeli harus mendatangi toko pusat Bolu Meranti yang ada di Jalan Kruing No. 2K atau cabangnya di Jalan SM Raja No. 19B, Medan. Tak heran setiap harinya toko pusat Bolu Meranti ini selalu tampak dipadati oleh pelanggan setianya, bahkan pengunjung kota Medan yang hendak menjadikannya oleh-oelh untuk dibawa ke kota asalnya. Memang Bolu Meranti ada juga yang tersedia di bandara kota Medan, tapi sistemnya hanya kerja sama dan harganya memang lebih mahal kalau membelinya di sana.


Soal Bolu Meranti yang kini suda menjadi oleh-oleh khas dari Medan, semula tak pernah direncanakan Ai Ling. Semuanya berjalan begitu saja. Ai Ling pun juga masih terus menerima masukan dari para pelanggannya yang semuanya rata-rata memberikan respons positif.

Salah satunya dengan membuat kemasan yang pas untuk dibawa sebagai oleh-oleh ke luar kota. Awalnya kemasan yang ia buat masih sederhana, hanya kotak biasa saja. Kemudian berkembang dengan menambahkan nama Bolu Meranti dan ditambah kardus yang siap ditenteng, sehingga memudahkan pembeli untuk dibawa bepergian jauh.

Selain itu, Bolu meranti juga memiliki daya tahan cukup lama. Meskipun tanpa pengawet, tapi bisa tahan hingga tiga hari ke depan. Bolu Meranti pun menawarkan banyak pilihan, antara lain Bika Ambon, Pancake Durian, dan berbagai kue lain yang layak dijadikan oleh-oleh dari Medan. Di tokonya Ai Ling memang tidak menyediakan kue bolu saja. Karena ini juga salah satu permintaan pelanggan yang tidak mau repot mencari beberapa jenis kue ke beberapa tempat. Jadi dengan berbelanja hanya di satu toko yang semuanya ada, akan lebih praktis.

Setiap bisnis pasti memiliki peluang dan tantangan. Namun adanya competitor bukanlah masalah utama bagi Ai Ling. Karena setiap competitor punya kualitasnya masing-masing. Tehnik membuatnya pun juga berbeda, apalagi bila ditambah resep rahasia, tentu hasilnya akan berbeda juga.

Produk sejenis yang dibuat competitor memang sangat banyak ditawarkan ke masyarakat, namun kesuksesan Bolu Meranti hingga kini tampaknya belum bisa tersaingi. Seolah memperlihatkan bahwa bisnis milik Ai Ling ini tak tergantikan. Terlebih inovasi juga selalu dilakukan oleh Bolu Meranti. Ia terus menambah varian rasa. Dari yang awalnya hanya empat rasa, original, keju, moka, dan stroberi. Sekarang rasa yang ditawarkan sudah banyak sekali. Hingga konsumen tidak akan bosan dan pastinya tertarik mencoba berbagai rasa yang ditawarkan.

Harga yang ditawarkan Bolu Meranti pun masih terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Jika melihat dari bahan baku yang bagus dan kualitasnya, masih cukup rasional, yakni mulai dari Rp 60 ribu. Kenaikan harga pun tak pernah kentara atau jadi keluhan pelanggan. Sejak 2005 sampai sekarang Bolu Meranti baru 2-3 kali saja menaikkan harga. Kenaikan harga itu pun karena memang bahan bakunya juga naik.

Penikmat Bolu Meranti pun tak hanya berasal dari dalam negeri saja. Setiap turis yang berkunjung ke Medan pasti akan mendatangi toko Bolu Meranti dan merasakan lezatnya bolu buatan Ai Ling. Pelanggan terjauh banyak yang berasal dari Jepang, Korea, Cina, Singapura, dan Malaysia.

Usaha Bolu Meranti yang sudah diwariskan ke generasi kedua ini, ingin terus dipertahankan dan dikembangkan. Kerja keras dan semangat Ai Ling beserta keluarganya tak boleh luntur, jadi usaha ini bisa terus diwariskan ke anak dan cucu mereka.

Soal peminat yang terus bertambah dan permintaan yang semakin meningkat, disikapi dengan bersahaja oleh Ai Ling. Ia hanya terus saja meningkatkan produksinya, dan belum ada keinginan untuk membuka cabang di kota besar lain, seperti di Jakarta atau di mana pun.

Harapan Ai Ling dan keluarganya hanya ingin menjalankan bisnis ini dengan sepenuh hati. Walaupun mengerjakannya sangat sibuk, tapi mereka tak menjadikannya sebagai beban. Ai Ling dan keluarganya sampai saat ini selalu mengelola bisnis ini dengan sepenuh hati.
 


4 komentar:

  1. Thx banget infonya saya ada tugas pkwu nihh btw penghasilan perbulan nya berapa ya?

    BalasHapus
  2. Gk ad sertifikasi halal'a y ?

    BalasHapus
  3. Halo teman-teman .. perkenal kan situs pemainayam.net
    Berkunpulnya para penghobi, botoh, sabung ayam Indonesia, selalu berbagi pengalaman dan sharing...
    Bila ingin bergabung bisa kunjungi langsung ya...

    S128
    Login S128 Terbaru
    Link S128 Terbaru
    Daftar Akun S128
    Live Chat Sabung Ayam
    S128

    Semua list di atas adalah bisa kamu klik .. tambah pengalaman kamu juga ... silahkan :)

    BalasHapus
  4. BANDAR JUDI ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA ! Nikmati Bonus Deposit 100% Sabung ayam jalu Online terbaru !

    Sabung Ayam Bolavita | Klaim Bonus Deposit 100% Sabung Ayam Online Di Bolavita Sekarang juga !

    Selengkapnya Hubungi :
    WA : +62812-2222-995
    Telegram : @bolavitacc
    Line : cs_bolavita
    Wechat : bolavita

    BalasHapus