Kamis, 12 September 2013





Semula, Yudhi Dwinanto memilih kerja kantoran. Ia menjadi pegawai negeri di Kementrian Agama sejak tahun 2007. Untuk menambah penghasilan, ia juga memiliki usaha sampingan berjualan udang tempura. Dia mengambil di sebuah pabrikan eskpor di Jawa Timur. Awalnya, hanya coba-coba. Ternyata keluarga dan teman-temannya mengatakan udang tempura jualannya terasa enak. Lama kelamaan Yudhi pun langsung konsentrasi berbisnis.

Agar tak mengganggu waktu kerja, Yudhi membuka toko online. Waktu itu ia masih menggunakan web gratisan. Ternyata usahanya lumayan berkembang. Hanya saja setelah satu tahun berjalan, Yudhi mengalami kendala. Pabrik di Jawa Timur tak lagi mengirimi produk, karena semua produknya diperuntukkan pasar ekspor, hingga ia tidak kebagian jatah.

Sampai akhirnya di tahun 2008, Yudhi berkenalan dengan rekanan bisnis lewat dunia maya. Rekan bisnisnya itu menawarkan sampel produk udang tempura, sama seperti yang ia beli di Jawa Timur. Setelah ia coba, ternyata rasanya lebih enak. Menurut rekan bisnisnya itu, ternyata tempura udang itu buatan sendiri, dan selain membuat tempura udang, rekannya juga bisa membuat berbagai produk lain.

Yudhi dan rekan bisnisnya itu lalu sepakat bekerja sama. Rekan bisnisnya konsentrasi di produksi, sementara ia bertugas di pemasaran produk. Di tahun 2009, mereka secara resmi membuka toko online, www.kraukk.com. Awalnya, mereka hanya menawarkan 10 produk, namun sekarang sudah berkembang sampai 20-an produk. Ia menjual satu kemasan dan pembeli bisa langsung menggorengnya.



Yudhi menawarkan berbagai produk yang menurutnya berbasis tepung ekstrak ikan laut. Ada olahan udang, kepiting, cumi, ikan, dan ayam. Produk Kraukk.com antara lain nugget kepiting yang harga satu kemasan Rp 21 ribu, nugget udang Rp 19.500, breaded shrimp torpedo, udang utuh tanpa kulit yang dibungkus tepung roti Rp 21.000, drumstick ikan Rp 19.500, drumstick cumi Rp 19.500, dan masih banyak lagi.



Karena yang paling utama di toko online adalah gambar produk, oleh karena itu ia tampilkan foto-foto produknya semenarik mungkin. Dengan gambar yang bagus, orang akan betah berlama-lama di toko. Desain di www.kraukk.com juga ia buat menarik.

Selain itu, Yudhi juga punya kiat khusus lewat sebuah sistem yang saling menguntungkan dengan pengunjung web. Ia membuat semacam sistem keanggotaan. Di tahun pertama, ia sudah punya 1000 anggota yang merupakan pasar potensial. Mereka ini saling mempromosikan lewat media online. Dan lewat cara ini, perkembangan usahanya cukup bagus. Sampai sekarang Kraukk sudah memiliki sekitar 5000 member.

Lama kelamaan, Yudhi tak sanggup sendiri menjaga toko. Ia merekrut orang yang khusus mengurusi web. Pesanan rupanya terus mengalir. Awalnya, masih seputaran Jakarta. Lama-kelamaan, pesanan datang juga dari berbagai kota di Indonesia. Yudhi pun terus putar otak untuk memaksimalkan usahanya. Ia pun membuka penawaran untuk para distributor di luar kota. Ternyata sambutannya juga bagus. Sampai sekarang hanya ada dua pulau yang belum ia miliki distributornya, yaitu Maluku dan Papua.

Dengan cara sistem ini, pengiriman ke pelanggan menjadi lebih gampang. Secara berkala, Yudhi mengirim ke distributor lewat kargo, sehingga langsung cepat sampai. Jadi, kalau ada pembeli dari luar kota, ia tinggal order ke distributor terdekat. Para distributor ini juga ia cantumkan di web. Sementara untuk pelanggan di Jakarta, ia punya armada khusus untuk jasa pengantaran.

Selain meladeni pembeli secara eceran, Yudhi rupanya juga sudah berhasil bekerja sama dengan beberapa hotel dan rumah makan di Jakarta. Ia mensuplai ke pihak-pihak itu secara berkala. Tak terasa, kini pelanggannya sudah sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Kesuksesan menekuni usahanya ini pun akhirnya membuat Yudhi memutuskan mundur dari pekerjaanya sebagai pegawai negeri di tahun 2012. Karena ia sadar, usaha online-nya ini sudah tidak bisa lagi disambi. Butuh perhatian khusus.

Hasil dari perhatian khusus ini memang terasa. Lonjakan produksi Kraukk kini melonjak tajam. Saat ini, produksi sudah mencapai 1,2 ton per bulan. Untuk menjalankan usahanya Yudhi pun sudah dibantu oleh staf kantoran, termasuk manajer operasional. Sementara untuk bagian produksi, karyawannya sudah lebih dari 20 orang.

Selama ini Yudhi mengaku masih lebih konsentrasi ke bisnis online. Baginya, pasar online masih bisa dikembangkan. Namun, sudah beberapa waktu belakanga ini Yudhi juga rajin ikut acara pameran. Ternyata respons-nya pun sangat bagus. Hanya buka beberapa jam di arena pameran, produknya sudah laku terjual sampai 100 kg.

Seiring waktu, Yudhi tentu juga ingin lebih mengembangkan usahanya. Tanpa meninggalkan bisnis online, ia ingin membuat restoran seafood Indonesia. Ia ingin memadukan bisnis online dan rumah makan.

Contact Yudhi Dwinanto :

Kraukk Indonesia.
Jl. Kostrad Raya No. 1 Petukangan Utara,
Pesanggrahan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
E-mail: kontak [at] kraukk.com | Ph. (021) 71559993
Hotline: 0813 2222 3580 - www.kraukk.com


amura courier
: layanan jasa kurir untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Cepat, professional, dan bertanggung jawab. Tlp & sms : 085695138867  

0 komentar:

Posting Komentar