Minggu, 16 Maret 2014




Oleh-oleh bukan sekedar buah tangan ketika bertransformasi menjadi peluang usaha. Tidak percaya ? tanya saja pada Mega Siswandarto. Ketika pertama kali dibawakan brownies beku dari Singapura, Mega langsung jatuh hati. Pria ini langsung mencari tahu resep-resep membuat brownies beku dengan bantuan internet. Ia jadi rajin membuka Google untuk mencoba berbagai resep kue termasuk brownies.

Kegemarannya membuat kue diasah ketika ia merasa kelelahan menjadi karyawan. Pekerjaannya sebagai tenaga pemasaran di bidang otomotif sangat menyita waktu dan perhatian. Sambil menunggu saat yang tepat untuk berhenti, ia pun mengadakan survei mengenai panganan yang disukai masyarakat. Ternyata dari semua kue yang ada,  brownies keluar sebagai panganan favorit. Di Surabaya, brownies banyak dicari terutama untuk oleh-oleh wisatawan. Dibandingkan jenis kue lainnya, brownies awet karena bisa disimpan berhari-hari.

Setelah berpikir lama, pada 23 Oktober 2013, ia memutuskan berhenti kerja untuk fokus menggarap bisnis brownies. Mega mengaku serius menekuni dunia kuliner karena modal yang dikeluarkan tidak terlampau besar. Uji coba juga bisa dilakukan di rumah. Dengan modal sebesar Rp 10 juta, ia mulai mencicil membeli peralatan masak. Bahan-bahan membuat brownies beku dibeli secukupnya sesuai pesanan. Agar dagangannya dikenal, ia tak ragu menawarkan produknya ke banyak acara, termasuk arisan ibu-ibu dan bergerilya di sosial media.
 




Kue brownies beku buatannya diberi merek Frozzie. Frozen Brownies Frozzie tersedia dalam empat varian rasa, yaitu premium choco, banana cheese, mixnut, dan streusel blueberry. Satu pak dijual Rp 33 ribu berisi lima buah brownies yang bisa diisi beragam brownies. Mega mengklaim produknya beda sama produk lainnya. Produk-produknya itu di pasaran belum ada yang menjual.

Kapasitas produksi Frozen Brownies Frozzie mencapai dua sampai empat kali pengovenan setiap hari. Satu kali pengovenan mencapai 16 loyang brownies. Jam operasional pembuatan brownies, yaitu pukul tujuh pagi hingga jam tiga sore. Produksi brownies dilakukan cukup dua orang pegawai. Mega juga mempekerjakan seorang tenaga administrasi untuk mengurus bisnis ini.

Untuk aspek pemasaran, Mega menerapkan cara pemasaran low cost high impact karena bisnisnya merupakan jenis start-up. Dengan basis usaha ada di Surabaya, Frozzie pun berusaha dipasarkan ke seluruh Indonesia dengan cara online atau sosial media seperti Facebook dan Twitter. Akun Twitter untuk pemasaran sekaligus sharing dengan pelanggan adalah @FrozzieBrownies. Cukup dengan aktif di Twiter dan Facebook, browniesnya jadi dikenal di seluruh Indonesia. Berkat pemasaran online pula, ia bisa membentuk jaringan reseller.
 




Namun bisnisnya ini tidak selamanya mulus. Mega sempat merasakan ditipu reseller yang membawa kabur produknya tanpa membayar. Semua wirausahawan menurutnya bakal menemui hal-hal seperti ini selama berbisnis. Hanya mereka yang terus belajar yang dapat terus bangkit walaupun tertimpa masalah berkali-kali. Bagi Mega, usia muda pantang disia-siakan. Orang muda menurutnya harus berani menghadapi kemungkinan apa pun termasuk dalam berbisnis. Kalau misalnya bangkrut sekalipun, banyak pelajaran yang bisa dijadikan bekal untuk kebangkitan ke depan.

Kini, omzet Frozen Brownies Frozzie mencapai Rp 30 juta hingga Rp 35 juta per bulan. Ia pun bercita-cita suatu hari bisnisnya bisa menjelma menjadi pusat penjualan brownies online terbesar di Indonesia. Cita-cita ini akan digapai dengan cara memperbanyak jalur distribusi ke seluruh Indonesia. Permintaan brownies terbanyak datang dari Jawa, Kalimantan, Bontang, dan Samarinda. Termasuk dipesan dari Jakarta dan Bandung. Ada sekitar 30 reseller yang siap menyiarkan kemasyuran brownies beku ke seluruh Indonesia. Dan mulai 2014, pria kelahiran Surabaya 23 Oktober 1986 ini fokus membentuk satu distributor di satu kota besar.





 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Contact :
08563399240
Twitter : @Frozziebrownies
Facebook    : Frozen Brownies Frozzie
PIN : 2695e0FF
 
 
 
 
 
 
 
 
____________________________
advetorial :

MENERIMA LAYANAN JASA KURIR, ANTAR BARANG, PAKET MAKANAN, DOKUMEN, DAN LAIN-LAIN UNTUK WILAYAH JAKARTA DAN SEKITARNYA KLIK DI SINI
BOLU KUKUS KETAN ITEM, Oleh-Oleh Jakarta, Cemilan Nikmat dan Lezat, Teman Ngeteh Paling Istimewa, Bikin Ketagihan !! Pesan sekarang di 085695138867 atau  KLIK DI SINI



0 komentar:

Posting Komentar