Rabu, 14 Oktober 2015


Dikenal sebagai salah satu penyanyi sekaligus pencipta lagu yang cukup nyentrik dengan gaya berbusananya, Melly Goeslaw memutuskan untuk berhijab sejak 2013 silam. Tak sampai di situ, Melly yang memang menyukai dunia fashion, kini juga mulai merambah bisnis. Tak jauh-jauh, ia memilih busana muslim sebagai produk yang dijualnya. Nyatanya, ide kreatif Melly tak hanya terangkai dalam sebuah lagu. Kepiawaiannya juga tertuang dalam desain baju yang tentu saja sesuai dengan karakter dirinya yang unik. Istri dari Anto Hoed ini pun sempat berpartisipasi di Indonesian Islamic Fashion Festival 2013. Di gerai yang ia buka, Melly menjajakan produk yang berlabel Ale Abe Collection tersebut.

Dan meksi mengaku masih belajar, bisnis tersebut terus berkembang menunjukkan hasil yang memuaskan. Melly mengaku awalnya ia hanya iseng saja menggeluti bisnis ini.  Mula-mula ia hanya membuat baju untuk koleksi Ramadhan saja. Tapi makin lama, ia makin ketagihan untuk membuat model yang lain. Dan keisengan Melly itu akhirnya membuahkan hasil yang manis. Kini, ia tidak berjualan baju hanya saat Ramadhan saja. Pelantun lagu Jika ini menjadikan model kaftan sebagai ciri khas lini busana muslimnya. Ia juga menyediakan baju casual, yakni jaket kaftan.

Yang menarik, ibu dua putra ini menjelaskan desain busana kaftan yang dijualnya punya keunikan tersendiri. Yaitu, Melly tidak pernah memotong motif dari bahan kaftan yang ia gunakan. Semua kaftannya dibuat dari kain sari. Satu lembar kain sari bisa untuk menjadi satu kaftan. Jadi misalnya, ada 100 kain sari, maka jadinya akan ada 100 motif. Model dan warnanya juga tidak akan ada yang sama. Motifnya pun juga begitu. Jadi semuanya sangat terbatas. Diakui Melly, meski bisnisnya masih terbilang baru, namun dari hari ke hari order yang datang semakin mengalir deras. Bisnis yang ia lakoni bersama seorang sahabatnya dari Bali ini juga mereguk keuntungan yang terbilang cukup fantastis. Apalagi target pasar Melly tak hanya dari kalangan menengah ke atas, tapi juga merambah semua kalangan. Ia membandrol harga koleksinya mulai dari Rp 100.000 untuk pashmina, kaftan, dan jaket kaftan. Harganya memang bervariasi dari yang murah sampai mahal. Jadi bisa dipakai oleh semuanya.

Untuk pemasarannya sendiri, Melly mengaku lebih memilih memanfaatkan media sosial Instagram. Ia juga punya trik khusus dalam berjualan, yakni dengan memakai cara butkop alias butik koper. Jadi kalau ia sedang menghadiri arisan, kumpul-kumpul dengan temannya, atau acara buka puasa bersama, Melly terbiasa menenteng koper yang berisi koleksi busana-busana yang ia jual, lalu menggelar dagangannya di sana. Pada bulan Ramadhan 2015, Melly juga telah mengeluarkan koleksi baru, yakni rok panjang muslimah. Melly mengaku tidak takut dengan persaingan bisnis dengan produk sejenis. Ia menjalankan bisnisnya dengan santai saja.


2 komentar: