Rabu, 03 Mei 2017


Hampir sebagian orang menyukai cokelat dan makanan yang terbuat dari bahan cokelat. Rasanya manis, nikmat, dan unik di lidah. Tak hanya menimbulkan rasa bahagia, cokelat juga membawa keuntungan bagi para penikmatnya. Nikmatnya rasa cokelat inilah yang dirasakan Nesia Saraswati. Kegemarannya pada aneka penganan cokelat membuatnya merintis bisnis percokelatan, yaitu Homemade Choco Candy. Dari semua rasa cokelat yang ada, Nesia menghadirkan keunikannya tersendiri, yaitu dengan menekankan nikmatnya cokelat plus sensasi krispi.

Cokelat krispi merupakan produk pertama Nesia yang didalamnya berisi campuran biskuit. Ini merupakan ide orisinal buatannya hasil coba-coba dan sampai saat ini ia belum menemukan produk yang sama. Di antara jenis cokelat yang dijual Nesia, produk inilah yang menjadi andalannya. Untuk menghasilkan produknya, cokelat hanya perlu dilelehkan lalu dituang dalam cetakan. Setelah itu cukup dimasukkan ke dalam pendingin sehingga bisa dikemas. Pada pesanan khusus, pelanggan bisa memilih tema desain yang bisa dibuatnya sebelum proses pencetakan.

Produk Nesia terdiri atas tiga rasa umum, seperti susu, cokelat putih, dan dark chocolate. Meski demikian, dia memiliki produk tertentu lainnya, seperti cokelat berwarna-warni rasa stroberi, lemon, dan sebagainya. Harganya bervariasi dengan kisaran dimulai dari Rp 2.500 per buah. Tak hanya itu, Nesia juga memberikan pelayanan custom pada beberapa produk cokelatnya. Produk choco greeting, edible lollipop, dan choco bar bisa disesuaikan dengan permintaan pembeli. Oleh karena itu, produk ini banyak diminati untuk dijadikan suvenir ulang tahun, perkawinan, hari raya, dan sebagainya. Harganya pun sama. Namun, khusus untuk mendapatkan produk custom tersebut, pelanggan disarankan memesannya sepekan sebelum hari H.


Untuk saat ini, Nesia hanya bisa berbisnis dalam jaringan (daring) melalui akun Instagram @cokelat_missbunda. Konsep ini dilakukan tidak hanya karena jangkauannya yang lebih luas. Tapi juga karena dari segi modal tentunya minim, karena tidak perlu menyewa toko. Saat ini, bisnis yang dijalankan sejak 2006 tersebut telah mendatangkan omzet sebesar Rp 2 juta sampai Rp 4 juta per bulan. Semua itu hanya diawali dengan modal Rp 250 ribu saja.

Bisnis cokelat homemade juga dilakukan Vivi Maria Kristanty. Vivi mulai berbisnis cokelat yang ia beri nama Cokelat Eight, sejak November 2015. Saat itu usianya masih 19 tahun. Dari modal Rp 210 ribu, perempuan kelahiran Pontianak ini sukses mendatangkan omzet Rp 1,5 juta per bulannya. Vivi menerangkan, produknya sendiri menggunakan bahan dasar dark chocolate dengan kandungan 65 persen. Sehingga, sehat untuk dikonsumsi bagi orang usia di atas 45 tahun.


Untuk menarik banyak pelanggan, Vivi menyuguhkan 11 varian rasa, seperti blueberi, stroberi, dark choco, white choco, milk choco, almon, kacang mede, dan kismis. Selain itu, ada juga rasa kacang, cookies, dan marshmallow. Seluruhnya ditawarkan dengan harga berkisar dari Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu. Produk Vivi juga bisa di-custom seperti untuk ulang tahun, wisuda, dan sebagainya dengan harga sama. Namun, yang terpenting pemesanannya sudah harus dilakukan minimal lima hari sebelum penyelenggaraan. Produk Vivi baru bisa dipesan melalui sistem daring via Instagram @coklat.eight dan Line coklat.eight.

Noer Indah Kumaladewi bersama suaminya juga mencoba menawarkan cokelat homemade yang produknya dikenal dengan nama KruiLLe. Bedanya, perempuan yang biasa disapa Dewi ini lebih menekankan pada cokelat kurma. Kurma dipilihnya untuk dipadankan dengan cokelat, karena Dewi ingin memunculkan kebiasaan makan kurma. Melalui KruiLLe ini, Dewi ingin membuka padangan masyarakat bahwa makan kurma itu tidak hanya di bulan Ramadhan saja dan bisa dikemas dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Menurut Dewi, cokelat kurma homemade-nya terbuat dari kurma berkualitas dengan cokelat premium dan isian yang unik rasanya.


Kurma (phoneix dactylifera) merupakan buah yang berasal dari timur tengah yang kaya vitamin, seperti thiamin, niasin, folat, riboflavin, vitamin C, E, K, dan sebagainya. Bahkan, mengandung mineral yang tinggi seperti zat besi, magnesium, kalium, fosfor sodium, dan sebagainya. Dari kandungan tersebut, Dewi yakin, coeklatnya memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Apalagi, banyak riset menyebutkan kurma dapat mencegah rematik, mencegah kanker otak, melindungi usus, menjaga kesehatan jantung, dan melancarkan pencernaan. Cokelat sendiri juga dipahami bila kita mengkonsumsinya bisa membuat lebih rileks dan happy.

Untuk varian rasa, awal kemunculannya hanya memiliki dua macam, seperti Choco Hazelnut dan Cheese Chews. Namun, seiring permintaan pasar, Dewi pun menambahkan varian-varian baru yang juga ternyata laris manis. Contohnya, almon putih, cokelat almon, nutty choco, keju, dan choco berry. Agar bisa dibayangkan, Dewi mencontohkan salah satu varian cokelat almon yang terdiri atas cokelat kurma yang didalamnya terdapat roasted almon utuh dan cokelat hazelnut lumer yang kemudian dibalut dengan milk chocolate.


Untuk dapat menikmati produk cokelat bercampur kurma ini, pembelinya cukup menyiapkan uang berkisar Rp 85 ribu sampai Rp 95 ribu. Seluruhnya dapat dipesan melalui Instagram @kruilleofficial atau akun Facebook pribadinya Noer Indah Kumaladewi & Agung Nugroho. Dewi juga mengingatkan, pelanggan untuk tidak perlu khawatir bagi mereka yang berada di lokasi jauh. Paket KruiLLe akan dikirim melalui agen ekspedisi dengan fasilitas One Night Service (ONS) dengan pengemasan yang aman.



2 komentar: