Kamis, 14 Agustus 2014




Di tengah maraknya hijab modis, munculnya tren hijab syar’i (berpotongan lebar dan tak mengekspos leher maupun bentuk badan) cukup menarik perhatian. Salah satu pelopornya adalah Ratu Saskia Bilqis. Ratu memutuskan berhijrah dari hijab modis ke hijab syar’i sepulang umrah di tahun 2012. Rupanya keputusan ini membawa berkah. Pemilik usaha hijab Ratu Bilqis ini semakin yakin rezeki datang karena pilihannya menjalankan syariat agama secara konsekuen dan bertanggung jawab pada Allah SWT.

Menurut Ratu, kesuksesan bisnis hijab Ratu Bilqis yang dijalaninya ini karena diawali dari niat pribadinya yang ingin menutup aurat sesuai syariat. Ratu yang mengaku awalnya sempat waswas saat mau memakai hijab yang syar’i ini akhirnya berani melepas jilbab modis yang biasa menemani penampilannya. Bahkan, ia juga memutuskan melepas kariernya sebagai pekerja kantoran untuk mulai berwirausaha bersama ibundanya, Evi Sulastri. Kebetulan pula, sang ibu yang telah pensiun dari pekerjaannya ini, memang pernah membuat sendiri dan mengetahui cutting serta beberapa model hijab syar’i.




Sebelumnya, ibunya  yang mengelola toko busana anak, dewasa, juga hijab, setiap hari harus pulang pergi mengontrol toko dan mengurus rumah, yang sering membuatnya mengeluh capek. Akhirnya toko milik sang bunda itu pun nyaris ditutup, karena tidak ada lagi yang sanggup mengurus. Ratu pun berniat mengambil alih usaha ibunya itu pada tahun 2012. Tak lama kemudian, beberapa teman yang ditemuinya saat umrah mengontaknya. Mereka suka dengan hijab yang ia kenakan saat umrah dan berniat mau memesan model hijab seperti itu.

Langsung saja Ratu mengiyakan pesanan itu. Tak disangka, inilah awal hijab Ratu Bilqis mulai berjaya. Dari mulut ke mulut, rekan-rekan pelanggan mulai memesan hijab syar’i buatan Ratu. Bahkan jumlah pesanannya itu tidak tanggung-tanggung. Ada yang memesan beberapa seri warna dan aneka bahan sekaligus. Juga model seperti twist half. Bisnisnya pun mulai bergulir dari pesanan kenalan ke kenalan.  

Saat memilih menjadi pengusaha, Ratu tak segan ‘mengetuk pintu’ teman-teman juga kenalan yang diharapkan mau membeli hijab kreasinya, khususnya kepada teman-teman yang sehari-hari sudah mengenakan kerudung syar’i. Selain itu ia menawarkan juga lewat twitter @ratubilqis dan instagram @ratubilqisyari. Diakui Ratu, sempat juga muncul stigma bahwa bentuk hijab syar’i sangat tak biasa. Namun, Ratu tetap berusaha gigih memasarkannya. Sampai suatu ketika Ratu mampu meng-endorse penulis buku “Udah Putusin Aja ?”, Emeralda Noor Achni untuk mengenakan hijabnya. Menurut Ratu, penulis itu juga termasuk selebritas Twitter yang berhijab syar’i. Dengan demikian, ia bisa sekalian terbantu dalam hal promosi. Sejak itu produk Ratu Bilqis pun mulai dikenal lebih luas lagi.




Untuk mengembangkan usahanya, Ratu berpikir menggunakan strategi pemasaran yang tidak biasa. Salah satunya dengan menggelar rally share (strategi penjualan di instagram, di mana pemilik men-share produk dan mana yang lebih dulu habis). Ternyata strategi itu sangat menguntungkan. Dalam hitungan menit saja, produk yang dishare-nya sudah habis. Ratu pun sangat takjub menyadari produknya sangat diterima masyarakat. Perkembangan bisnisnya ternyata semakin menguntungkan. Saat ini, sekali melakukan rally share, ia bisa mendapatkan omzet Rp 200 juta dalam sehari.

Strategi lain, Ratu menjual dengan cara open house. Ia mengundang para buyer lewat Instagram. Di situ ia mencantumkan tanggal, jam, juga beberapa barang yang akan dijual. Tak disangka yang datang cukup banyak, bahkan ada yang dari luar kota mulai dari Bogor, Bandung, Depok, hingga Papua. Para pembeli saling berebut barang produksi Ratu. Hanya 15 menit open house dibuka, setengah dari barang yang dijual sudah habis. Sempat ada yang komplain karena kehabisan barang. Namun Ratu menjelaskan bahwa produknya memang limited. Ia memang tidak ingin model maupun warna produknya terlihat pasaran.

Kini, Ratu yang bertekad tetap setia di jalur  hijab syar’i, boleh berbangga produknya laris manis diminati banyak pengguna hijab syar’i di seluruh Nusantara. Bahkan ia sampai harus menolak permintaan distributor yang ada di Jatinangor, Cirebon, Depok, Medan, dan Cilacap, termasuk distributor online yang ada di Singapura. Ini untuk menjaga agar distributor yang sudah ada tak kecewa, khawatir kualitasnya akan turun.

 ratu bilqis syar'i

reach me at Line : ratubilqis | IG: ratubilqisyari , ratubilqis_singapore |bbm : 2A452EDF (FULL)


2 komentar:

  1. senangnya melihat makin banyak wanita
    yang berhijab syar'i..
    mampir ya www.mukenadistro.com
    kami adalah PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG berkualitas
    terima kasih..

    BalasHapus
  2. afwan. minta alamat distributor purwokerto dan sekitarnya ada ya?

    BalasHapus