Rabu, 13 Januari 2016




Berawal dari kondisi kulit anaknya yang sensitif, Welly Ng membuat produk perawatan tubuh yang ia beri merek Beauty Barn, tepatnya sejak September 2012. Sebelumnya, Welly yang khawatir terhadap eksim di kulit sang anak, rajin mencari informasi cara mengatasinya. Ia juga tak segan membeli produk lokal maupun impor. Dan ia selalu heran, mengapa produk luar negeri hasilnya selalu lebih baik daripada buatan lokal, meski bermerek sama. Penasaran, ia pun mencari tahu perbedaannya. Ternyata, itu karena bahan baku yang dipakai produk lokal berbeda, yakni ada yang menggunakan bahan kimia. Dan ini sempat membuatnya jadi makin paranoid. Tapi, semakin sering mencari informasi di internet, ia juga jadi tahu ternyata ada cara untuk mengatasi keluhan anaknya dengan menggunakan bahan-bahan natural. Dari situ, Welly lalu mencoba membuat produk sendiri. Awalnya, ia hanya membuat tiga produk dasar, yaitu untuk menebalkan rambut, anti nyamuk, dan jika digigit nyamuk. Ia sengaja membeli beberapa bahan baku natural dari luar negeri lalu meramunya sendiri. Tak lupa, ia tambahkan pula essential oil.

Ketika dibagikan ke teman-temannya, respons mereka ternyata bagus dan mendorong Welly untuk menjual produknya. Welly lalu memberanikan diri memproduksi dalam jumlah banyak dan memberi merek Beauty Barn. Untuk mengenalkan Beauty Barn, ia tak segan mengikuti berbagai pameran. Suatu hari, di pameran yang diikutinya ia bertemu pemilik toko perlengkapan bayi berjaringan nasional. Dan dari situlah, titik Beauty Barn berkembang. Toko tersebut melihat produk Welly terbilang unik dan masih jarang di Indonesia maupun di luar negeri. Biasanya, produk luar negeri disesuaikan dengan musim yang terjadi di sana, dan belum ada produk natural yang bisa menyelesaikan masalah kulit di daerah-daerah tropis. Mereka lalu tertarik dan membantu mengenalkan Beauty Barn, sehingga bisa berkembang sampai saat ini. Dan karena makin banyaknya permintaan, Welly pun terus mengembangkan produknya.



Untuk menunjang bisnis barunya ini, Welly mengambil kelas Personal Cosmetic Science dari Institute of Personal Care Science di Australia secara online. Sejak itu, ia makin percaya diri membuat beragam produk dan bereksperimen untuk memformulasikan beberapa produk yang tingkatnya lebih sulit. Kini, Beauty Barn memiliki 22 produk dalam tiga seri. Pertama, Beauty Barn Kids untuk membantu masalah kulit anak, misalnya balsam serbaguna, body lotion, dan krim wajah untuk menghilangkan ruam ASI atau kulit kering. Harga produk di seri ini antara Rp 50.000-Rp 180.000.


Seri kedua Aroma Therapy, yang berguna untuk pemulihan dengan harga Rp 200.000-Rp 300.000. Seri ini menggunakan essential oil murni. Rangkaian produk ini dibuat Welly ketika anaknya sakit, misalnya demam, diare, sakit perut, dan batuk pilek. Dari situlah, Welly menemukan produk aroma terapi, yang sangat bagus untuk pemulihan. Boleh dibilang, ini seri yang sangat ia banggakan. Karena walaupun berbahan natural, tapi tetap berkhasiat. Sedangkan seri ketiga Beauty Barn Home, tak hanya bisa digunakan oleh anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Seri yang harga produknya Rp 150.000 ini juga lebih berkaitan dengan lifestyle, yaitu aroma terapi untuk ruangan dengan lima varian wewangian, yaitu anti nyamuk, melegakan batuk pilek, membantu membunuh kuman di ruangan, menenangkan sehingga tidur lebih nyenyak, juga menyegarkan atau memulihkan konsentrasi pikiran.

Welly menjelaskan, produk Beauty Barn bisa untuk bayi usia 0 bulan seperti sabun, krim wajah, body lotion, balsam anti nyamuk, bedak, dan hampir semua produk aroma terapi. Sama seperti produk Beauty Barn lainnya, seri ini juga tidak menggunakan bahan kimia. Untuk bahan bakunya, 95 persen di antaranya masih diimpor. Dari Indonesia, Welly hanya memakai serai, cengkeh, lemon grass, citronella, dan minyak kayu putih. Kini, Beauty Barn yang menjual produknya secara grosir memiliki 19 reseller di 12 kota, pada umumnya merupakan toko perlengkapan bayi. Welly memang tidak menjual produknya secara retail. Karena ia cukup mengandalkan beberapa distributor yang bekerja sama dengannya, dan merekalah yang memiliki ‘kaki-kaki’ di bawahnya untuk menjualkan produk Beauty Barn. Welly menjamin, apa yang ia jual di Beauty Barn, itulah yang dipakai juga oleh anaknya. Ia sekaligus ingin masyarakat tahu, bahwa ada produk perawatan tubuh buatan Indonesia yang juga bagus, jadi tidak harus membeli produk luar negeri terus.
13 Jan 2016

0 komentar:

Posting Komentar

:) :)) ;(( :-) =)) ;( ;-( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.